Ngantuk? Selain Kopi, 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Atasi Ngantuk

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 04 Des 2017 17:57 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Kopi masih menjadi pilihan utama untuk meningkatkan energi dan mengatasi kantuk. Padahal banyak sumber bahan alami lain yang punya khasiat sama.

Kopi memiliki senyawa kafein. Senyawa inilah yang dapat menaikkan level energi dan membuat mata melek. Akan tetapi tak semua orang bisa menerima efek kafein yang tinggi. Terlalu banyak konsumsi kopi dapat menyebabkan sakit kepala, insomnia, mudah marah dan gelisah, sering buang air kecil hingga sakit perut.

Walaupun begitu, ini bukan berarti Anda tak boleh minum kopi. Anda bisa membatasinya dengan minum kopi tak lebih dari 2-3 cangkir per hari. Selain kopi Anda bisa konsumsi bahan alami ini untuk penggantinya. Beberapa bahan ini punya efek menambah energi setara dengan konsumsi kopi tapi tidak memberikan dampak buruk pada tubuh.

1. Air Putih

Kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh lemas dan lesu. Solusinya, konsumsilah air putih. Minum segelas air putih di pagi hari sangat baik bagi tubuh, sebaiknya minum air yang hangat. Selain membuat tubuh berenergi, juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Ngantuk? Selain Kopi 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Atasi NgantukFoto: iStock

2. Dark Chocolate

Berdasarkan penelitian yang dipublikasi oleh British Medical Journal, mengonsumsi dark chocolate setiap hari tidak hanya membuat tubuh berenergi, tapi juga membantu sistem pencernaan serta memperbaiki fungsi dan perkembangan otak. Jenis cokelat yang satu ini juga mengandung theobromine yang dapat membantu menaikkan energi Anda.

3. Cuka Apel

Cuka apel dikenal ampuh cegah kantuk. Hal ini terjadi karena bahan makanan ini kaya akan probiotik dan vitamin B. Keduanya mampu menaikkan energi tubuh. Jadi jangan ragu untuk konsumsi sedkit cuka apel jika merasa mengantuk atau kurang berenergi. Manfaat lain cuka apel adalah dapat meningkatkan imunitas dan kerja sistem pencernaan. Cara mengonsumsinya cukup dengan mencampurkan sedikit cuka apel ke dalam segelas air putih.

4. Matcha

Matcha atau bubuk teh hijau mengandung kafein lebih kecil dibandingkan dengan kopi. Matcha memiliki antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan energi tubuh. Selain itu, matcha juga mengandung L-Theanine, zat penenang alami yang bekerja dengan kafein untuk memberikan energi positif sepanjang hari.Teh hijau juga rendah kalori dan dapat membakar lemak tubuh.

Ngantuk? Selain Kopi 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Atasi NgantukFoto: Istimewa

5. Wheatgrass

Wheatgrass merupakan jenis rumput muda dalam famili gandum. Konon rumput ini sudah dikenal orang Mesir kuno sejak 5000 tahun lalu. Wheatgrass dikenal sebagai energizer alami dan merupakan cairan penyedia vitamin, mineral dan nutrisi penting. Tambahkan satu gelas wheatgrass ke dalam makanan harian Anda, terutama di pagi hari.

6. Buah Apel

Apel mengandung cukup banyak gula dan vitamin alami. Dua kandungan nutrisi ini bisa mengusir kantuk. Untuk menjaga kandungan vitamin dan gulanya, Anda bisa memakan apel utuh atau membuat jus apel dengan buah asli tanpa tambahan gula.

Ngantuk? Selain Kopi 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Atasi NgantukFoto: iStock

7. Teh Hijau
Bagi yang kurang suka matcha, Anda bisa beralih ke seduhan daun teh hijau. Seduhan daun teh hijau memiliki kafein lebih rendah dari matcha dan kopi.Menyeruput teh hijau sepanjang hari tanpa menambah kalori dan bisa mengurangi rasa lesu.

Sangat penting untuk mengonsumsi kopi dalam jumlah yang direkomendasikan oleh para ahli. Tapi alternatif sehat ini patut dicoba jika Anda ingin mengurangi ketergantungan Anda pada kopi.

Baca Juga: Ini Lho Khasiat Minumk Segelas Air Putih Hangat di Pagi Hari (lus/odi)