Suntory Beberkan Proses Dibalik Pembuatan Minuman Milk Tea Bening!

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 12 Nov 2017 09:15 WIB
Foto: Sora News 24 Foto: Sora News 24
Tokyo - Milk tea atau teh susu ini memiliki warnanya justru mirip dengan air putih. Perusahaan ini beberkan rahasia pembuatan minuman unik asal Jepang ini.

Belum lama ini, Suntory telah meluncurkan produk milk tea yang benar-benar terlihat seperti air putih. Dikutip dalam Sora News 24 (09/11) pada tanggal 1 November kemarin merupakan hari Black Tea di Jepang. Ingin memanfaatkan momen tersebut, perusahaan minuman asal Jepang ini kemudian meluncurkan Premium Morning Tea dalam versi transparan.

Baca juga: Tampilannya Seperti Air Putih, Minuman Ini Ternyata Punya Rasa Teh Susu!

Bagaimana bisa berwarna bening? Sebagai pecinta teh, tentu Anda akan bertanya, bahan apa yang digunakan hingga akhirnya dapat menghasilkan warna bening tetapi rasa teh. Dan bagaimana mereka mengubah black tea menjadi transparant tea?

Suntory Beberkan Proses Dibalik Pembuatan Minuman Milk Tea Bening!Foto: Sora News 24

Video ini bisa mengungkapnya! Untuk menghilangkan mitos bahwa teh hitam transparan ini hanya air yang diberi perasa, Suntory mengunggah video yang isinya proses sederhana membuat minuman teh unik ini.

Pertama, air didihkan untuk menghasilkan uap air, agar melewati daun teh hitam yang ditaruh pada bagian atasnya. Gas tersebut dialirkan untuk didinginkan dalam sebuah kondensor, sehingga meninggalkan cairan jernih yang mengikat rasa dan aroma teh tersebut.

Terlepas dari klaim perusahaan, "teh" yang dihasilkan dengan cara ini memiliki profil rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan "teh asli" yang direbus dalam air. Dalam video tersebut, daun teh tidak mengalami kontak dengan air. Ini berarti tidak semua senyawa masuk dalam uap air, sehingga rasa dari teh transparan ini memang tak begitu kuat.

Menurut perusahaan, susu terdiri dari lemak susu, protein susu, laktosa dan mineral susu, dua yang terakhir ini transparan. Dengan hanya memanfaatkan mineral laktosa dan susu, mereka kemudian dapat menambahkan rasa susu menjadi minuman dengan warha bening.

Suntory Beberkan Proses Dibalik Pembuatan Minuman Milk Tea Bening!Foto: Sora News 24

Sementara lemak susu dan protein susu dengan kandungan warna buram tidak sesuai dengan minuman ini. Sehingga ketika Anda merasakan milk tea bening ini akan tercecap after taste susu yang lebih encer dibandingkan dengan milk tea biasa.

Selain itu, Suntory juga pernah membuat minuman transparan dengan rasa lemon tea. Suntory Premium Morning Tea Milk dipasarkan dengan botol ukuran 550 ml. Tiap botol harganya 131 yen atau sekitar Rp 15.600. Tertarik mencobanya?

Baca juga: Yang Baru dari Pepsi, Soda Rasa Salted Caramel!


(lus/odi)
Load Komentar ...