Ma'ruf Amin: Produk Dengan Sertifikat Halal MUI Punya Nilai Tambah

Devi Setya - detikFood Jumat, 02 Nov 2018 13:35 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta -

Acara tahunan pameran halal internasional kembali digelar di Jakarta. Di sini banyak produk dan beragam kegiatan yang bisa menambah pengetahuan tentang halal.

Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyelenggarakan pameran halal bertajuk Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018. Kali ini acara digelar di Gedung Smesco mulai tanggal 1-3 November 2018.

Tahun ini Indhex 2018 mengusung tema "Peningkatan Daya Saing UMKM dengan Sertifikasi Halal." Tema ini dipilih karena Usaha Mikro, Kecil dan Menenengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Ma'ruf Amin: Produk Dengan Sertifikat Halal MUI Punya Nilai TambahFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Baca juga : Indonesia International Halal Expo (INDHEX) 2014 Sosialisasikan Produk Halal Nasional dan Global l

Beberapa tahun terakhir, pemerintah terus mendorong peran UMKM agar menjadi pelaku ekonomi yang tangguh. Tujuannya agar sektor usaha kecil ini dapat meningkatkan peran dan kontribusinya di bidang ketahanan pangan nasional.

Direktur LPPOM MUI, Dr. Ir. Lukmanul Halim, M.Si mengatakan UMKM cukup signifikan dalam pergerakan ekonomi. Di saat terjadi krisis ekonomi, para pelaku usaha kecil justru tampil sebagai penopang roda perekonomian. Oleh karena itu peningkatan UMKM dalam ketersediaan pangan, khususnya pangan halal, LPPOM MUI mengambil langkah yang dianggap penting.

Ma'ruf Amin: Produk Dengan Sertifikat Halal MUI Punya Nilai TambahFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Acara dibuka oleh Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin, Indhex 2018 ini juga diharapkan bisa jadi kegiatan positif yang membuat semakin banyak orang tahu tentang status kehalalan produk.

"Bagi para pelaku usaha, sertifikat halal MUI menjadi nilai tambah, sehingga peran dan keberadaan LPPOM MUI semakin dibutuhkan seiring tumbuhnya industri makanan minuman dan obat-obatan di Indonesia," ujar Ma'ruf Amin.

Acara ini juga menghadirkan berbagai produk halal mulai makanan, minuman hingga alat masak bersertifikat halal. Karena tahun ini LPPOM MUI menggandeng Smesco maka banyak produk UMKM yang turut hadir.

Ma'ruf Amin: Produk Dengan Sertifikat Halal MUI Punya Nilai TambahFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Dari banyaknya produk UMKM yang sudah tersertifikasi halal bisa dilihat kalau mengurus sertifikasi halal ini tidaklah sulit. Beberapa diantaranya ada cheese stick, kerupuk, keripik daun kelor, gula merah hingga madu.

Baca juga : Tiga Kategori Halal Award di INDHEX 2013

Bukan hanya itu, berbagai kegiatan menarik juga digelar dengan menghadirkan beberapa publik figur. Beberapa diantaranya ada Ben Kasyafani, Dhini Aminarti, Marissa Haque, Dewi Sandra, Chef Muto dan masih banyak lagi.

Selama tiga hari ini juga ada talkshow, olimpiade halal,lomba membuat cake halal, demo masak halal hingga demo make up dengan produk halal. Untuk bisa masuk ke event ini pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

(dvs/odi)