Mau Liburan ke Tokyo? Coba Ramen Halal yang Enak di 5 Restoran Ini

Maya Safira - detikFood Jumat, 22 Sep 2017 16:36 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tokyo menawarkan banyak kuliner enak. Bagi muslim, kini semakin beragam pilihan makanan halal. Termasuk ramen yang populer.

Jepang semakin peduli dengan kebutuhan turis muslim. Khususnya makanan halal. Di sana makin banyak restoran menawarkan menu Jepang halal. Begitu juga dengan ramen yang biasa identik dengan pemakaian babi.

Kalau berencana liburan ke Tokyo, restoran ini bisa dicoba untuk menikmati semangkuk ramen halal.

Baca juga: Makin Banyak Turis Muslim, Jepang Sediakan Restoran Hingga Kafetaria Halal

1. Shinjuku Gyoen Ramen Ouka

Mau Liburan ke Tokyo? Coba Ramen Halal Enak di 5 Restoran IniFoto: Istimewa


Sejak tahun 2015 ada Ramen Ouka buka di Shinjuku, Tokyo. Restoran yang mendapat sertifikasi halal dari Masjid Otsuka ini menggunakan bahan-bahan halal dan tidak menawarkan alkohol.

Untuk ramennya, restoran menggunakan kaldu ikan sea bream yang wangi. Berpadu enak dengan mie produksi sendiri dan ayam panggang lembut. Uniknya lagi, meringue dari campuran putih telur dengan tambahan yuzu (jeruk khas Jepang) jadi topping ramen. Ramen Ouka juga menyediakan ramen vegan.

Ramen Ouka
Sansara Gyoen Building 1F
Shinjuku 1-11-7, Shinjuku-ku, Tokyo 160-0022
Telp: +81-03-5925-8426

2. Naritaya

Mau Liburan ke Tokyo? Coba Ramen Halal Enak di 5 Restoran IniFoto: Istimewa


Restoran ramen di Asakusa ini menyajikan ramen halal. Ramen disajikan bersama irisan ayam panggang, nori, daun bawang, tauge, bayam, telur rebus dan rebung. Kaldu ramen terbuat dari bonito dan kombu (rumput laut). Rasa yang dihasilkan gurih dan ringan, namun tetap nikmat.

Naritaya
Toyko-to, Taito-ku, Asakusa 2-7-13

3. Ramen Honolu

Mau Liburan ke Tokyo? Coba Ramen Halal Enak di 5 Restoran IniFoto: Istimewa


Honolu merupakan restoran ramen populer yang ada di Osaka dan Tokyo. Gerai di Ebisu, Tokyo yang buka sejak Januari lalu punya menu ramah muslim. Andalannya ada ramen Paitan yang terbuat dari kaldu ayam kental. Tersedia juga ruang untuk ibadah di sini.

Ramen Honolu
1F, 1-23-1 Ebisuminami, Shibuya-ku, Tokyo 105-0022
Telp:+81-03-5734-1667

4. Ayam-ya

Mau Liburan ke Tokyo? Coba Ramen Halal Enak di 5 Restoran IniFoto: Istimewa


Ayam-ya yang terkenal di Malaysia dan Kyoto buka juga di Tokyo. Di sini ada ramen Paitan halal enak berkuah kaldu ayam yang bisa dicoba. Termasuk juga ramen pedas. Pada menu Ayam-ya tidak ada penggunaan daging babi, daging sapi, dan MSG. Lokasinya tidak jauh dari Masjid Ueno Okachimachi.

Ayam-ya
Yamada Bldg. 1F, 4-10-1 Taito, Taito-ku, Tokyo 110-0016
Telp: +81-03-3834-6656

5. Kumahachi

Mau Liburan ke Tokyo? Coba Ramen Halal Enak di 5 Restoran IniFoto: Istimewa


Restoran ini baru buka tahun 2016. Di sini ramennya memakai mie buatan sendiri, ayam halal serta bumbu-bumbu halal. Seperti sajian shoyu ramen dan Tsukemen. Kumahachi juga tidak menyediakan alkohol. Menurut pemiliknya, tidak mudah membuat ramen halal enak tanpa MSG. Sampai butuh 2 tahun baginya mengembangkan ramen sesuai selera pasar.

Kumahachi
2-14-5 Morishita, Koto-ku, Tokyo 135-0004
Telp: +81-080-7852-5511

Bila Anda dan keluarga punya rencana berlibur ke Tokyo, Jepang, saat ini sedang digelar Mega Travel Fair 2017 di Yogyakarta. Mega Travel Fair berlangsung di Hartono Mall dari tanggal 21-24 September 2017.

Sebelumnya, Mega Travel Fair sudah berlangsung di Bali, Samarinda dan Balikpapan pada 14-17 September lalu. Pameran wisata dari Bank Mega dan Antavaya ini menawarkan banyak promo tiket pesawat. Begitu juga dengan paket tour menarik.

Jangan sampai ketinggalan penawarannya. Untuk informasi lebih lanjut klik di sini. (msa/odi)