LPPOM MUI Jalin Kerja Sama dengan GS1 untuk Berikan Informasi Halal yang Akurat

Maya Safira - detikFood Rabu, 16 Nov 2016 16:50 WIB
Foto: iStock/LPPOM MUI Foto: iStock/LPPOM MUI
Jakarta - Kemajuan teknologi ikut berperan dalam pengembangan halal di masyarakat. Guna memberikan informasi halal yang akurat dan transparan, LPPOM MUI jalin kerja sama dengan GS1.

Pentingnya penyebaran informasi membuat pelaku usaha berusah memberi alternatif informasi yang cepat, mudah dan murah. IoT atau Internet of Things jadi pola masyarakat mencari informasi di dunia maya.

Karena itu, LPPOM MUI selaku lembaga sertifikasi halal bekerja sama dengan GS1 Indonesia. Perusahaan berstandar global ini fokus pada identifikasi penomoran barcode internasional.

Kesepakatan kerjasama bertempat di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta pada Rabu (16/11). Bersamaan dengan acara GS1 Indonesia Member Gathering 2016.

LPPOM MUI Jalin Kerja Sama dengan GS1 untuk Berikan Informasi Halal yang Akurat Foto: iStock/LPPOM MUI
Penandatanganan MOU kerjasama dilakukan oleh Dr. Ir. Lukmanul Hakim M.Si selaku Direktur LPPOM MUI dan Thatit Guritno, CEO GS1 Indonesia. Turut hadir Wakil Direktur LPPOM MUI, Ir. Sumunar Jati dan Chief Operations Officer (COO) GS1 Okkeu Solichin.

Lukmanul Hakim menyampaikan bahwa LPPOM MUI berharap dapat memberi informasi yang jelas dan transparan dalam memberi keterangan pada konsumen dan produsen melalui kerja sama ini. Ini merupakan era keterbukaan dimana informasi yang jelas akan menjadi nilai lebih bagi produk yang akan dikonsumsi, salah satunya adalah informasi Halal yang akurat dan transparan.

"Saya yakin program GS1 merupakan salah satu jawaban dari era keterbukaan informasi. Ini merupakan jembatan bagi produk lokal untuk mendunia. Ini akan sangat berguna bagi perdagangan internasional. Melalui barcode ini kita ingin mengembangkan produk indonesia menjadi go to the world," ujar Lukmanul Hakim seperti dilansir dari rilis media yang diterima Detikfood (15/11).

Dalam kesempatan yang sama, GS1 Indonesia juga melakukan soft launching aplikasi GS1 id mobile apps yang berfungsi untuk mengakses informasi produk konsumsi. Salah satu informasi produk katalog yang muncul dalam aplikasi ini adalah otentifikasi sertifikasi halal. Sehingga data produk yang bersertifikat halal akan dicek dengan data center yang ada di LPPOM MUI.

"Informasi mengenai ijin edar BPOM, higienis, alergi dan SNI hingga produk bersertifikat Halal MUI kini bisa didapatkan melalui aplikasi GS1 id mobile apps," kata Okkeu Solichin, COO GS1.

LPPOM MUI Jalin Kerja Sama dengan GS1 untuk Berikan Informasi Halal yang Akurat Foto: iStock/LPPOM MUI
GS1 id sendiri merupakan layanan berbasis aplikasi katalog produk yang memberikan informasi akurat, terpercaya, serta perlindungan konsumen. Sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk yang dikonsumsi. Aplikasi ini nantinya bisa diunduh di android dan iOS.

Adapun bagi LPPOM MUI, seperti ditegaskan Lukmanul Hakim, layanan ini merupakan evolusi dalam bidang sertifikasi halal. Dimana halal sudah menjadi bagian dari perdagangan global.

Peningkatan laju pertumbuhan bisnis halal mencapai 9,3 persen per tahun. Ini merupakan sebuah peluang bagi industri produk halal di Indonesia.
Area lampiran (lus/odi)
Load Komentar ...