Hotel Halal Pertama di Thailand Suguhkan Makanan Halal untuk Tarik Turis Muslim

Maya Safira - detikFood Selasa, 30 Agu 2016 18:39 WIB
Foto: Reuters
Jakarta - Meski didominasi non-muslim, Thailand kini telah membuka hotel halal pertama. Ini dilakukan untuk menarik lebih banyak turis muslim dan meningkatkan perekonomiannya.

Hampir 30 juta wisatawan asing datang ke Thailand tahun lalu. Namun menurut data industrinya hanya sekitar 658.000 pengunjung berasal dari Timur Tengah.

Hotel berbintang empat di Bangkok, Al Meroz, yang dibuka bulan November berharap bisa memainkan peran dalam mengubah hal itu, lapor Reuters (30/08).



"Ada 1,6 miliar muslim di dunia. Ini adalah pasar yang besar. Hanya satu persen dari pasar sudah cukup membuat kami tumbuh," ujar general manager Al Meroz hotel, Sanya Saengboon, seperti dilansir dari Reuters (30/08).

Al Meroz yang berslogan "The Leading Halal Hotel" memiliki arsitektur seperti masjid. Di dalam hotel terdapat dua ruang shalat dan tiga ruang makan halal.



Salah seorang tamu hotel, Aamir Fazal dari Australia, mengatakan akses ke hotel halal menjadi sebuah kenyamanan bagi wisatawan muslim di Thailand. Sebab makanan halal ditemui di negara itu.

"Ini merupakan pengalaman yang benar-benar menyenangkan. (Al Meroz) jadi hotel halal pertama di sana dan saya menganggapnya menakjubkan," ujar Fazal.



Dalam usaha memasuki pasar wisata muslim yang berkembang, Thailand sempat meluncurkan aplikasi mobile halal tahun lalu. Aplikasi itu membantu turis mencari makanan halal dan tempat wisata ramah muslim.

Sementara itu, data Departemen Pariwisata menunjukkan Thailand mendapat 10 persen peningkatan kedatangan turis Timur Tengah tahun 2015 dibanding 2014. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com