Ada Hotel Syariah Lengkap dengan Makanan Halal di Dekat Gunung Fuji

Maya Safira - detikFood Senin, 29 Agu 2016 16:53 WIB
Foto: Syariah Hotel Fujisan/Booking
Jakarta - Sebuah hotel untuk wisatawan muslim telah dibuka di dekat Gunung Fuji. Namun hingga kini hotel masih sepi peminat.

Danau Kawaguchi kerap jadi tujuan wisatawan untuk melihat Gunung Fuji. Sebab tempat yang indah ini berlokasi di kaki gunung.

Melihat peningkatan wisatawan muslim, Syariah Hotel Fujisan buka di sana pada akhir bulan lalu. Letaknya di kota kecil Fujikawaguchiko, Prefektur Yamanashi.



Syariah Hotel Fujisan menawarkan menu halal untuk tamu, lapor Jiji Press. Tamu bisa memesan makanan halal. Tersedia pula tempat untuk BBQ.

Hidangan Jepang di sana menggunakan daging halal dan bumbu tanpa fermentasi. Pengelola mempertimbangkan bahwa muslim tidak minum alkohol dan mengonsumsi daging babi. Baik dapur, peralatan masak dan alat makan juga khusus untuk menyiapkan makanan halal.



Hotel juga menyediakan ruang ibadah. Sebanyak 8 kamar hotel dilengkapi arah kiblat untuk mempermudah shalat. Sajadah ikut tersedia di hotel itu.

Syariah Hotel Fujisan dibuat setelah merenovasi sebuah rumah kosong. Sayangnya sampai 17 Agustus lalu, belum ada pemesanan tamu untuk menginap di hotel.



Shigeru Yamashita, presiden dari operator hotel, mengatakan ia tidak berharap konsumen langsung datang pada hari-hari pertama setelah pembukaan.

"Saya menjalankan hotel sambil melihat ke masa depan dalam 5 sampai 10 tahun," ujar pria berusia 72 tahun itu, seperti dilansir dari The Japan Times (23/08).

Yamashita juga mempertimbangkan pendirian sebuah masjid di hotel dan menawarkan jasa bagi muslim di hotel lain miliknya. Tetapi ini tergantung bagaimana keberuntungan hotel barunya.

Keputusan Yamashita membuka hotel yang didedikasikan untuk muslim, timbul setelah berbincang dengan keluarga muslim. Pada April lalu, satu keluarga muslim mengunjungi kota itu dan tidak menemukan masjid di area sekitar. Mereka juga mengalami kesulitan menemukan restoran halal untuk makan. Akhirnya Yamashita terdorong untuk membangun hotel untuk muslim.



Hotel lainnya yang dikelola Yamashita di kota itu juga mulai menawarkan makanan halal tahun lalu. Ketertarikan Yamashita pada makanan halal sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Setelah ia mensponsori acara yang diselenggarakan sebuah kelompok terkait halal.

Ia kemudian menjadikan wisatawan muslim sebagai target karena jumlahnya meningkat di Fujikawaguchiko. Turis-turis muslim ini berasal dari Indonesia dan Malaysia.

Kota itu memang cukup terkenal bagi penduduk kedua negara. Lebih dari 8.000 penduduk masing-masing negara sempat tinggal di sana tahun 2015. Menurut Yamashita, angka kunjungan turis muslim akan semakin meningkat jika dikembangkan lingkungan yang ramah bagi muslim. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com