Perusahaan Makanan di Kota Taichung Mulai Perhatikan Pasar Halal

Maya Safira - detikFood Kamis, 04 Agu 2016 18:39 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Perusahaan di Taichung, Taiwan mulai melirik pasar ekspor halal. Mereka mempersiapkan sertifikasi halal dalam upaya menarik bisnis dari muslim.

Hal tersebut disampaikan Industrial Development and Investment Promotion Committee di Taichung pada Sabtu (30/07). Komite mengadakan sebuah konferensi untuk mengarahkan perusahaan di Taichung yang tertarik mendapat sertifikasi halal dan mengeksplorasi pasar muslim internasional, lapor Taipei Times (02/08).



Konferensi diselenggarakan oleh komite bersama Taiwan Halal Integrity Development Association. Peserta konferensi termasuk perusahaan-perusahaan dalam industri makanan dan bioteknologi.

Komite mengatakan bahwa partisipan antusias akan peningkatan jumlah turis muslim. Partisipan pun melirik peluang bisnis yang berkembang ini.

Menurut komite, upaya ekspor ke pasar muslim sejalan dengan "kebijakan baru ke arah selatan" dari pemerintah. Kebijakan itu merupakan inisiatif pemerintah untuk membangun hubungan lebih erat dengan banyak mitra bisnis di wilayah ini. Termasuk ambisi membuat ASEAN yang memiliki populasi muslim cukup besar, menjadi perpanjangan dari pasar domestik Taiwan.



Selain mendorong ekspor ke pasar muslim, komite menyebut bahwa Taichung bertekad menjadi kota yang ramah muslim. Untuk melakukannya, pemerintah kota mendorong bisnis memiliki sertifikat halal dalam menyambut wisatawan muslim.

Komite mengatakan bahwa organisasi lainnya di Taichung, seperti Taichung Bakery Association dan Taichung Gift Association, akan mengadakan konferensi serupa. Ini dilakukan dalam membantu bisnis meningkatkan pendapatan mereka. (msa/odi)