Restoran Jepang Ini Punya Washoku Halal hingga Kursus Daging Kobe Halal

Maya Safira - detikFood Rabu, 03 Agu 2016 14:34 WIB
Foto: Halal Media Japan
Jakarta - Makin banyak restoran di Jepang yang menyediakan menu halal. Bahkan ada restoran yang membuka kelas untuk pelajari daging sapi Kobe halal.

Kini sudah tak sulit mencari makanan halal di Tokyo. Meski kebanyakan restoran halal ada di distrik Asakusa, namun wilayah Tokyo lainnya juga menyediakan makanan sesuai aturan Islam.

Nishiazabu, sebuah distrik di Minato-ku, Tokyo terkenal akan jejeran restoran kelas atas. Halal Media Japan (29/07) melaporkan bahwa di sana ada restoran washoku (masakan Jepang tradisional) halal dan berkualitas tinggi.

Mengusung nama "Kusumoto", restoran ini menawarkan menu berharga tinggi. Meski begitu Halal Media Japan merekomendasikannya bagi muslim yang sedang berada di Jepang.



Restoran mulai menyediakan sajian ramah muslim sejak 3 tahun lalu. Alasannya karena permintaan langsung dari konsumen muslim. Adanya peningkatan kunjungan konsumen muslim ke Jepang juga jadi faktor pendorong.

Ketika restoran baru memulai layanan halal, belum banyak informasi halal di Jepang. Begitu pula dengan bahan dan bumbu masak. Sehingga pihak restoran mengaku sempat menghadapi kesulitan menyuguhkan makanan halal. Tapi kini sudah mulai banyak pilihan bumbu dan bahan makanan halal yang sesuai dengan citarasa restoran.

Restoran juga kerap menanyakan asal negara konsumen muslim yang melakukan reservasi. Mereka mencoba memberi aksen pada hidangan melalui bumbu dan bahan yang digunakan negara konsumen. Sebagai contoh, restoran bisa menawarkan sajian washoku halal yang benar-benar berbeda bagi konsumen asal Timur Tengah dan Asia Tenggara.



Kualitasnya yang baik membuat Kusumoto tak hanya melayani konsumen di restoran. Mereka pernah menyediakan makanan halal bagi pekerja di kedutaan, pejabat pemerintah dari berbagai negara, hingga pesawat jet pribadi.

Keunikan lainnya dari restoran adalah keberadaan kursus washoku halal pilihan bagi chef dengan harga mulai dari 7.800 Yen (Rp 1 juta). Kepada Halal Media Japan, pihak restoran menjelaskan kursus tersebut.



Tiap kursus memakai daging berbeda. Untuk kursus washoku dengan daging halal asli Jepang harganya mencapai 9.900 Yen (Rp 1,2 juta). Sementara kursus dengan daging paha dari sapi Kobe halal harganya 25.000 Yen (Rp 3,2 juta). Penggunaan daging fillet sapi Kobe paling mahal, sebesar 40.000 Yen (Rp 5,1 juta). Reservasi diperlukan untuk mengikuti kelas ini.

Tertarik mencoba washoku halal ini saat ke Jepang? (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com