Sudah Saatnya ASEAN Memiliki Standar Sertifikasi Produk Halal

Maya Safira - detikFood Kamis, 09 Jun 2016 11:43 WIB
Foto: iStock/Detikfood Foto: iStock/Detikfood
Jakarta - Tiap negara di ASEAN umumnya memiliki aturan sertifikasi halal tersendiri. Pihak badan perdagangan di Malaysia menyebut perlunya ada kesepakatan bersama ASEAN terkait halal.

ASEAN dikatakan harus memiliki kesepakatan yang menggiring kemunculan standar sertifikasi halal. Ini bertujuan dalam memfasilitasi perdagangan halal di kawasan ASEAN.

CEO Malaysia External Trade Development Corporation (Matrade), Dzulkifli Mahmud, mengatakan negara-negara ASEAN saat ini sedang mendiskusikan pembuatan keseragaman terkait sertifikasi halal, lapor Halal Focus (08/06).



"Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (Jakim) masih dalam pembicaraan dengan mitra ASEAN mengenai hal ini. Kami harap mereka akan mencapai kesepakatan segera," ujar Dzulkifli pada Bernama di sela-sela diskusi sertifikasi halal Malaysia bersama Jakim.

Dzulkifli mengatakan keseragaman dalam sertifikasi halal ASEAN tidak hanya memungkinkan kelancaran arus perdagangan halal antara negara-negara anggota. Tetapi juga ini bisa diadopsi oleh negara-negara non-ASEAN.



Sementara itu, Dzulkifli menyebut Matrade berharap Jakim akan mempercepat proses sertifikasi halal bagi pengusaha lokal. Upaya tersebut guna memfasilitasi promosi produk mereka di luar negeri.

"Kami ingin mempromosikan produk lokal di tingkat internasional sesegera mungkin dan melalui kepemilikan sertifikasi halal yang melekat pada produk, makan akan meningkatkan daya saing mereka," pungkasnya. (msa/odi)
Load Komentar ...