Gara-gara Salah Label, Muslim Ini Makan Cheese Roll Isi Daging Babi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 17 Apr 2016 11:27 WIB
Foto: Metro.co.uk
Jakarta - Seorang pria Muslim di Bradford, Inggris tak sengaja makan daging babi. Ini karena roti daging babi keliru dilabeli 'cheese and onion.'

Bagi seorang Muslim, makan daging babi adalah haram hukumnya. Karenanya Shamrez Razaq betul-betul menghindari konsumsi daging babi atau olahannya. Pun saat memilih roti di Morrisons yang jadi langganannya.

Dikutip dari Metro (15/04), Razaq bercerita dirinya kerap membeli roti cheese roll dengan label 'cheese and onion' dan 'suitable for vegetarians' di sana. Namun beberapa waktu lalu ia mendapati isian cheese roll berbeda. Setelah diamati, ternyata Razaq mengonsumsi daging babi.
"Selama berabad-abad nenek moyang saya tidak makan daging babi. Saya tidak percaya ini terjadi," ujar pria 20 tahun ini. Ia mengatakan terkejut karena biasanya sering membeli kue-kue keju dari Morrisons dan tidak pernah mendapat masalah.

Razaq pun mengajukan protes sekaligus mengembalikan kemasan cheese roll salah label tersebut ke toko. Ia juga meminta manajer toko untuk meminta maaf dan mengembalikan uangnya.

"Saya tidak peduli tentang nilai uangnya. Saya ingin tahu apakah mereka akan melakukan semua tindakan untuk mencari tahu bagaimana ini terjadi dan untuk memastikan kejadian seperti ini tidak akan terulang," tutur Razaq.
Sementara itu juru bicara Morrisons berujar, "Di Morrisons, kami sangat menyadari bahwa karena beberapa alasan pelanggan kami perlu menghindari konsumsi makanan tertentu, termasuk karena keyakinan pribadi. Karenanya kejadian salah label ini kami anggap sangat serius."

Pihaknya mengaku sangat menyesali kejadian ini dan meminta maaf setulus-tulusnya pada Razaq. "Kami akan extra waspada mengenai pelabelan produk. Sekaligus memantau dan memastikan kejadian seperti ini tidak akan terulang," pungkas sang juru bicara. (lus/odi)