Aplikasi Ini Bisa Bantu Turis Muslim Temukan Restoran dan Masjid di Thailand

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 05 Apr 2016 13:14 WIB
Jakarta - Tak hanya Korea Selatan, Thailand juga mulai menjaring turis muslim untuk berkunjung ke negaranya. Dengan aplikasi Thailand Muslim Friendly, Anda bisa dengan mudah temukan masjid hingga restoran halal.

Dalam Malaysian Internasional Halal Showcase (MIHAS) 2016 pada 31 Maret hingga 2 April kemarin, Thailand menjadi salah satu booth yang tampilkan produk hingga wisatanya. Ada sekitar 40 perusahaan yang mengikuti pameran halal ini.

"Tak hanya memperkenalkan produk halal seperti saus, bumbu masak dan camilan, kami juga memperkanalkan beragam wisata indah di Thailand. Para pengunjung yang datang juga kami perkenalkan dengan aplikasi ramah muslim yang bisa digunakan untuk mencari restoran hingga masjid," tutur salah satu perwakilan dari booth Thailand pada (01/04).

Foto: detikFood

Jumlah negara muslim di dunia semakin bertambah. Saat ini ada lebih dari 1.700 juta orang atau sekitar 23,69 persen dari populasi global adalah muslim. Pada tahun 2015, muslim dari ASEAN yang datang mencapai 45 persen dari sekitar 600 juta penduduk dari 10 negara di ASEAN. Hal ini membuat potensi pasar yang besar yang menjanjikan.

Masyarakat di Thailand memeluk agama yang beragam. Ada Budha, Hindu, Kristen dan muslim yang berjumlah sekitar 4 persen dari total penduduk.

Kini, Thailand memiliki sekitar 130.000 produk makanan dan 4.800 produknya sudah bersertifikat halal. Thailand Selatan juga banyak mengekspor buah-buahan eksotis, ayam olahan, seafood, susu kedelai hingga mie.



Aplikasi Thailand Muslim Friendly sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 2015 lalu. Aplikasi ini dapat dengan mudah diunduh di Google Play dan juga Apple Store. Dengan dua bahasa yaitu Thailand dan Inggris, Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai makanan, keberadaan masjid, hotel dan buku petunjuk yang bisa dilihat secara offline.

Selain Thailand, Taiwan juga memiliki aplikasi "Taiwan Halal"  yang dibuat oleh pelajar Indonesia dan juga "Halal Korea" yang juga berisi restoran, produk halal hingga arah kiblat.

(lus/odi)