Laporan dari Kuala Lumpur

Bubuk Chlorella Halal Berwarna Hijau Ini Bisa Jadi Pengganti Matcha

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 01 Apr 2016 14:02 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Jepang menjadi salah satu negara di luar Organisation of Islamic Cooperation (OIC) yang gencar mempromosikan produk halal. Ada banyak produk yang ditampilkan. Dari miso, tepung, saus teriyaki hingga aneka suplemen makanan.

Didukung oleh Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE), Halal Industry Development Corporation (HDC) dan Department of Islamic Development (JAKIM), Malaysia kembali menyelenggarakan Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) 2016.

Selain dapat melihat beragam produk makanan dan bumbu, para pengunjung juga dapat berfoto dengan pakaian tradisional Jepang yaitu Yukata di pavilion Jepang. Saat berkeliling, detikFood juga melihat demo masak yang dilakukan di 'Kitchen Booth Nippon'.



Aiko Tanaka, perwakilan dari Jepang mendemonstrasikan pembuatan Shiratama Dango. Saat dicicip, Rasanya seperti matcha dengan warna hijau yang pekat.

Shiratama Dango ini merupakan makanan tradisional Jepang yang terbuat dari tepung beras sehingga memiliki tekstur yang kenyal. Kali ini, Jepang mengolah Dango dengan bubuk alga berwarna hijau yang halal sebagai pengganti matcha.



Bubuk ini terbuat dari Chlorella yaitu alga hijau air tawar yang kaya nutrisi. Seperti protein, vitamin, mineral, asam lemak esensial dan serat. Chlorella sudah dikonsumsi di Jepang selama lebih dari 50 tahun . Dikenal sebagai bahan yang bermanfaat untuk kesehatan.

"Chlorella mengandung lebih dari 60 persen protein," tutur Masaki Iwasaka, selaku Technical Sales Department Chief Chlorella Industry Co.,Ltd kepada detikFood (30/03).

Dalam Chlorella juga mengandung klorofil yang dapat membantu alga berfotosintesis dan juga menghasilkan betakaroten dan lutein.

Masaki menjelaskan, skor asam amino (AAS) dari chlorella bernilai 88 sehingga lebih tinggi dibandingkan dengan kacang kedelai yang memiliki nilai AAS sebanyak 82. Bahan ini memiliki 9 jenis asam amino essensial dan berbagai macam asam amino non esensial.



Warna hijau yang dihasilkan oleh bubuk ini dihasilkan karena pigmen hijau dari klorofil. "Jika ditambahkan ke dalam makanan, warna hijau dari bubuk Chlorella mikro akan lebih kuat dibandingkan dengan matcha," tambah Masaki.

Bubuk Chlorella mikro merupakan bahan berproduk halus dengan ukuran partikel sekitar 55 mikro meter sehingga memiliki penyebaran yang lebih besar jika dicampurkan dalam cairan dibandingkan yang biasanya.

Chlorella Co.Ltd menjadi salah satu industri asal Jepang yang sudah mengembangkan kultur Chlorella secara massal sejak tahun 1964. Ada tiga jenis produk dari chlorella yaitu dalam bentuk tablet, bubuk dan mikro bubuk.

"Dari hasil cek laboratorium, Chlorella memiliki serat yang cukup tinggi. Jadi dalam 5 gr Chlorella sama saja dengan konsumsi sayuran sebanyak 50 gr," jelas pria asal Jepang ini.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com