Bebek Di Denmark Disembelih Secara Halal

Maya Safira - detikFood Rabu, 23 Des 2015 20:01 WIB
Ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Semakin banyak negara mayoritas non-muslim ikut menyediakan makanan halal. Di Denmark kini tersedia daging bebek yang disembelih secara Islam.

Bebek panggang jadi makanan populer saat Natal di Denmark. Jyllands-Posten (18/12) memberitakan bahwa pembeli bebek untuk Natal di supermarket Denmark bisa saja mendapat bebek halal. Sebab Dansk And, satu-satunya industri pemotongan bebek di Denmark, memakai metode Islam.

Ini dilakukan untuk meminimalkan penderitaan hewan sekaligus menarik minat muslim di negara tersebut. Dansk And mempertimbangkan kebutuhan 250.000 muslim yang tinggal di Denmark. Mereka dianggap sebagai pelanggan potensial.



Sebelumnya, Denmark tidak memiliki industri penjagalan bebek. Biasanya bebek dari Denmark harus dikirim ke Polandia, Jerman atau Belanda. Proses penyembelihan pun terjadi di sana.

Pada Oktober tahun ini, Dansk And membuka tempat jagal yang sudah direnovasi. Berlokasi di Struer Harbour, Dansk And berharap bisa menyembelih 800.000 sampai 900.000 bebek tiap tahun. Jumlah ini sesuai dengan 20-25 persen dari total penjualan bebek di Denmark.

Menurut Martin Daasbjerg, CEO Dansk And, produsen ayam di Denmark sudah menyembelih ayam secara halal selama bertahun-tahun. Ia meyakini penyembelihan bebek dengan cara Islam juga berdampak sangat baik.

Sementara itu, penyembelihan bebek dilakukan oleh karyawan muslim. Prosesnya pun diawasi seorang imam.



Meski seluruh bebek dari Dansk And berlabel halal, konsumen non-muslim di Denmark tetap bisa mendapat bebek tanpa penyembelihan Islam. Namun mereka perlu membelinya langsung dari peternak bebek atau membeli bebek beku impor di supermarket.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com