Gerai KFC Halal di Liverpool Ini Jual Ayam Tidak Halal

Maya Safira - detikFood Selasa, 15 Sep 2015 15:12 WIB
Ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Salah satu gerai Kentucky Fried Chicken (KFC) halal di Liverpool, justru menjual daging ​ayam ​tidak halal ke konsumen. Ini terjadi saat gerai tersebut kehabisan daging halal.

Gerai KFC Edge Lane merupakan satu-satunya yang halal di kota itu. Akan tetapi saat mereka kehabisan pasokan halal, konsumen mendapat ayam yang tidak disembelih sesuai aturan Islam.

Dilansir dari Halal Focus (12/09), permintaan daging halal sempat meningkat karena adanya Liverpool International Music Festival. KFC Edge Lane pun jadi tidak mempunyai pasokan daging halal. Akhirnya staf menjual daging tidak halal pada konsumen dan menyebutnya sebagai makanan halal.

Foto: Livepool Echo

Kejadian berlangsung pada akhir pekan ketika Liverpool International Music Festival berlangsung di bulan Agustus. Saat mengetahuinya, manajemen KFC pun menyelidiki insiden tersebut. Ternyata gerai Edge Lane mengambil ayam tidak halal dari cabang KFC lain yang berdekatan.

Narasumber untuk Liverpool Echo (11/09) juga menyebut produk halal dan tidak halal di sana disimpan dalam tempat yang sama. Padahal ini melanggar aturan.

Diketahui tiga staf di gerai Edge Lane sempat mengklaim makanan tidak halal sebagai produk halal pada konsumen. Ketiganya kemudian dihentikan dari pekerjaan karena perbuatan itu.

KFC lalu mengajukan permintaan maaf karena dianggap telah menipu konsumen.

"Ini adalah pelanggaran aturan dan prosedur ketat, seharusnya tidak terjadi, dan saya pribadi ingin meminta maaf atas nama bisnis pada konsumen gerai Edge Lane. Selagi penyelidikan berlangsung, kami ingin meyakinkan pelanggan bahwa kini gerai itu menyediakan 100% daging ayam halal," ucap Russel Smith selaku Chief Operations Officer KFC Inggris, seperti dilansir dari Liverpool Echo (11/09).

Di Inggris sendiri ada beberapa gerai KFC yang menyediakan makanan sesuai aturan penyembelihan dalam Islam. Termasuk KFC Edge Lane yang berlokasi dekat Wavertree dan Toxteth, tempat banyak populasi Muslim. Sebagian besar pengunjung KFC Edge Lane adalah konsumen ​m​uslim. Sebab cabang halal terdekat lainnya ada di Manchester.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com