'Hainan Chicken Rice' Halal Jadi Daya Tarik Turis Muslim di Perak

Maya Safira - detikFood Rabu, 22 Jul 2015 10:29 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Negara bagian Perak di Malaysia terkenal sebagai surga makanan tradisional. Diantaranya adalah sajian China halal yang lezat. Termasuk nasi ayam Hainan dan makanan China otenti​k dengan bahan-bahan halal.​

Berdasarkan laporan Bernama (21/07), Tourism Malaysia Perak and Keretapi Tanah Melayu Berhad (KTMB) baru-baru ini mengadakan program "Perak Food Trail" selama tiga hari. Media dan agensi wisata berkesempatan mencicipi hidangan lokal di kota Ipoh, Perak.

Salah satu hidangan populer di Perak adalah nasi ayam Hainan. Makanan ini berasal dari provinsi Hainan di Tiongkok. Restoran terkenal Nasi Ayam Hainan Ipoh menyajikan menu yang halal. Menurut Shahril Hizri Mohamed, sang pemilik, dulunya nasi ayam Hainan hanya tersedia bagi non-​m​uslim karena pembuatannya tidak halal.

Ini memberinya ide untuk menjual nasi ayam Hainan yang halal. Awalnya Shahril tidak berpikir bagaimana jadinya restoran miliknya kelak. Ternyata pengunjung non-​m​uslim pun sampai datang ke restorannya dan memuji citarasa nasi ayam Hainan di sana.

Terry Lai, pemandu wisata dari Singapura yang mengikuti program, mengakui racikan Shahri.

"Rasanya sama seperti asli. Biasanya nasi ayam Hainan versi halal terasa kurang sesuatu, tapi di restoran ini rasanya sama enak," ucap Terry, seperti dilansir dari Bernama (21/07).

Hidangan otentik China halal juga dapat ditemui di Perak. Caterbest Restaurant di Bercham menyajikan makanan tersebut. Pemilik restoran, Wong Swee Kok, memutuskan membuat bisnis halal agar ​m​uslim bisa merasakan citarasa asli dari masakan China tradisional.

"Ini juga bisa meyakinkan mereka bahwa makanan China bisa dibuat secara halal dan tetap otentik," jelas Wong.

Ia mengatakan banyak chef dan asisten masaknya adalah ​m​uslim. Logo halal juga terdapat di depan restorannya. Ini membantu meyakinkan pelanggan untuk mencoba makanan di sana karena semua 100 persen halal, tambah Wong.

Ibrahim Seddiqi Talib dari KTMB mengungkapkan dengan banyaknya restoran China halal di sana bisa meningkatkan industri pariwisata Perak. Sebab dulu hanya ada pilihan tidak halal untuk makanan China populer seperti dim sum dan sup. Tapi usaha banyak pihak di industri makanan yang menyediakan makanan China halal, telah mengubah Perak jadi salah satu tempat tujuan pencari makanan enak.

(lus/odi)