Supermarket di London Ini Tawarkan Daging Babi dalam Promo Ramadan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 29 Jun 2015 14:34 WIB
Foto: Thinkstock/Standard
Jakarta - Setelah Tesco melakukan kesalahan dengan mempromosikan Pringles rasa Smokey Bacon, kini supermarket Morrisons melakukan hal yang sama. Supermarket ini menawarkan daging babi dalam promo produk ramadan mereka. Tak ayal, protes pun langsung bermunculan di media sosial.

Seperti diberitakan Standard (29/06/15), Shoaib M Khan yang sedang berbelanja di cabang West Hounslow menemukan daging babi terpajang dalam rak promo ramadan supermarket Morrisons. “Saya tidak tersinggung dengan hal ini, namun ini mengecewakan,” ujar pria berusia 32 tahun tersebut.

Ia menambahkan, “Jika supermarket ingin melakukan (promo) seperti ini seharusnya mereka melakukannya dengan benar. Sebagai m​uslim saya tidak tersinggung, namun ​m​uslim lainnya mungkin saja tersinggung.”

Khan melaporkan produk daging babi kemasan tersebut berada dalam satu kulkas dengan produk promosi ​r​amadan lainnya seperti produk vegetarian.

“Kejadian di Tesco kemarin mungkin masih bisa ditolerir mengingat itu (smokey bacon) adalah perasa. Tapi sosis dan daging babi adalah makanan yang tidak akan pernah
​m​uslim makan,” ujar Khan.

Menanggapi hal ini, pihak supermarket Morrisons mengatakan produk daging babi tidak pernah masuk dalam daftar promo ramadan. Mereka juga menuduh ada seorang pelanggan yang sengaja memindahkan stiker promo ramadan tersebut dekat produk daging babi.

“Seseorang nampaknya telah memindahkan stiker (promo ramadan tersebut) sebelum mengambil foto yang kini beredar. Kami dapat memastikan tidak ada satupun stiker promo ramadan yang diletakkan dekat produk daging babi,” jelas seorang juru bicara Morrisons.

Sementara itu, komentar pedas pun bermunculan di Twitter. Seperti yang dilontarkan akun @CrazyweatherUK1 “Saya berharap kepala pemasaran @Tesco dan @Morrisons mundur dari jabatannya.”

(adr/odi)