Naritaya, Restoran Ramen Bersertifikat Halal di Tokyo

- detikFood Rabu, 06 Mei 2015 05:25 WIB
Foto: RocketNews24 Foto: RocketNews24
Jakarta - Ramen Jepang dikenal dengan pemakaian daging babi dan sake agar rasanya enak. Namun, khusus untuk melayani wisatawam muslim resto ramen di Asakusa, Tokyo menyajikan ramen bersertifikat halal.

Wisatawan yang berkunjung ke Jepang pasti ingin mencicip ramen asli Jepang. Karena tak semua wisatawan dapat mengonsumsi daging babi dan alkohol maka Naritaya, restoran ramen yang ada di Asakusa, Tokyo menyajikan ramen halal khusus untuk muslim.

Halal tidak hanya berkaitan dengan pemakaian babi dan alkohol, tapi juga semua bahan-bahan pelengkap seperti saus dan juga peralatan yang digunakan juga harus memenuhi persyaratan halal.

Naritaya terletak di pusat perbelanjaan Sensoji Nisisando, di sebelah kuil Sensoji di Asakusa yang dikenal sebagai kawasan turis. Di pintu masuk ditempelkan logo sertifikat halal dari Japan Isalamic Trust.

Seperti resto ramen lainnya, pengunjung membeli tiket di vending machine sesuai menu ramen pilihan kemudian memberikan pada pelayan. Menu yang ditawarkan untuk ramen sekitar ¥ 700 atau sekitar Rp 75.900.

Menurut pantauan rocketnews24 (01/05), tampilan ramen halal tak jauh beda dengan ramen biasa.  Disajikan dengan nori, daun bawang, tauge, bayam, telur rebus dan rebung atau menma.

Jika biasanya ramen disajikan dengan cashu atau daging babi yang diiris tipis, restoran ini justru menggunakan irisan ayam panggang yang rasa dan aromanya tak kalah enak.

Kaldu ramennya dibuat dari bonito dan kombu (rumput laut). Rasa yang dihasilkan gurih dan ringan, namun tetap nikmat. Rasanya mirip dengan ramen pada umumnya yang ada di Tokyo.

Sekitar 80 persen pelanggan mereka adalah muslim. Selain semua perabotan dan peralatan ditata bersih dan apik, di lantai dua juga tersedia ruang untuk sholat yang dilengkapi dengan petunjuk kiblat.

Jika mampir ke Asakusa, selain membeli aneka sovenir, Anda bisa mencicipi ramen halal ini. Lokasinya di Toyko-to, Taito-ku, Asakusa 2-7-13. Resto ini buka pada hari Snein- Jum’1t: 10.00 -22.00, dan hari Sabtu dan Minggu 08.00 - 20.00.

(lus/odi)