Supermarket di Inggris Ini Perkenalkan Tempat Khusus untuk Permen Halal

- detikFood Kamis, 16 Apr 2015 16:20 WIB
Foto: cascadenews.co.uk
Jakarta - Morrisons menjadi supermarket pertama di Inggris yang memperkenalkan konter khusus permen halal. Di konter itu, beragam permen bebas gelatin dapat dipilih dan dicampur konsumen. Pembeli muslim pun tidak perlu memeriksa lagi bahan-bahan penyusun permen.

Supermarket menjual 36 pilihan permen. Mulai dari liqorice stick, cola bottle, jelly beans, dan gummy bears. Morrisons menjamin produk tersebut bebas dari produk hewani dan bahan alkohol. Permen berasal dari merek Yummys yang sudah diakui kehalalannya.

Ada 10 cabang Morrisons melakukan uji coba pembuatan konter permen halal. Termasuk Blackburn, Bolton, Preston, Bradford, West Bromwich, Birmingham, Leamington Spa dan tiga di London. Perusahaan yang memiliki lebih dari 500 toko di Inggris ini memilih lokasi sesuai dengan komunitas lokalnya.

John Brooksbank, general manager toko Morrisons di Blackburn, mengatakan banyak pelanggan yang menanyakan permen halal. Sehingga mereka merancang dan memperkenalkan variasi baru.

"Kami adalah supermarket besar pertama di Inggris yang melakukan hal ini. Variannya banyak sehingga kami berharap ini akan sesuai untuk tiap selera," tutur John Brooksbank seperti dilansir dari berbagai sumber (15/04/2015).

John menambahkan bahwa Morrisons mempertimbangkan penjualan permen halal di toko lainnya jika ada permintaan.

Supermarket pun mendapat respon positif dari masyarakat muslim karena pembuatan konter khusus tersebut. Salim Mulla, ketua sub-komite halal di Lancashire Council of Mosques, ikut memberi pujian.

"Saya pikir ada beberapa produsen menjual permen halal tapi ini adalah supermarket besar pertama yang menjual permen halal. Saya benar-benar menyambut baik hal ini," ucap Salim Mulla.

Menurutnya, Council of Mosques akan mendukung gerakan itu. Sebab permen sangat populer dalam komunitas muslim. Namun sampat saat ini muslim di Inggris perlu melihat bahan hewani penyusun produk untuk mengetahui kehalalan permen.

Abdul Hamid Qureshi, ketua Lancashire Council of Mosques, menambahkan bahwa semakin banyak supermarket memperkenalkan produk halal untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

"Akan ada alasan finansial dibalik ini. Bisnis tidak hanya menjual produk untuk memenuhi kebutuhan sosial. Jaringan seperti KFC sudah mulai menawarkan produk halal untuk menarik konsumen muda baru dan demografis yang lebih besar," jelas Abdul Hamid Qureshi.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com