Indonesia International Halal Expo (INDHEX) 2014 Sosialisasikan Produk Halal Nasional dan Global

- detikFood Rabu, 22 Okt 2014 13:38 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Indonesia International Halal Expo (INDHEX) 2014 resmi dibuka hari ini di Jakarta International Expo. Di acara tahunan ini, LPPOM MUI melakukan sosialisasi produk-produk bersertifikat halal MUI, baik lokal maupun internasional.

Tema yang diangkat di INDHEX keempat ini adalah 'Mengoptimalkan Riset serta Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pelayanan Sertifikasi Halal'. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama dengan Telkom Group dalam pengembangan layanan halal berbasis teknologi informasi.

Di acara pembukaannya, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) juga memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang dinilai berjasa di bidang halal lewat Halal Award.

Selain sembilan perusahaan di bidang pangan, obat-obatan, dan kosmetik, penghargaan juga diberikan kepada Provinsi Jawa Barat yang dinilai berkomitmen mengembangkan sertifikasi halal.

Pada sambutannya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Zulkifli Hasan menyatakan dukungannya terhadap INDHEX. "Acara ini sangat penting, karena bagi Indonesia, produk halal bisa menentukan kualitas sumber daya manusia dan bangsa," ungkap Zulkifli.

Ketua MUI Prof. Dr. H. Din Syamsuddin mengatakan bahwa halal dan thoyib (baik, sehat) kini digemari di dunia. "Saya salut, di Japan Halal Summit 2014 beberapa waktu lalu di Tokyo, negara-negara nonmuslim seperti Jepang dan Korea bertekad menjadi kiblat halal dunia," ujar Din.

Karena itu, tambah Din, sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, Indonesia perlu menggelar acara halal berkelas internasional seperti INDHEX.

INDHEX 2014 yang berlangsung sampai 25 Oktober 2014 akan diisi dengan berbagai acara. Di antaranya adalah Global Halal Forum, simposium, pelatihan, talkshow dan kompetisi halal, serta Hijab Talent Search. Ada pula pameran produk-produk halal yang diisi sekitar 150 stand perusahaan bersertifikat halal MUI, baik dari dalam maupun luar negeri.




(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com