Inilah 6 Restoran Bersertifikat Halal di Sulawesi Selatan

- detikFood Jumat, 01 Agu 2014 09:32 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta -

Mudik ke Sulawesi Selatan? Puas mencicipi hidangan khas seperti pisang epe dan coto Makassar, Anda bisa mencoba sajian restoran lokal. Jangan lupa, pilih restoran yang resmi bersertifikat halal.

Sebagai muslim, kita diwajibkan hanya mengonsumsi makanan halal. Ada banyak kriteria yang harus dipenuhi sebelum sebuah makanan dinyatakan halal. Jadi, makanan halal bukan hanya makanan yang tak mengandung babi dan alkohol.

Tahukah Anda, bumbu seperti gula dan penyedap rasapun berisiko terkontaminasi zat-zat haram? Begitu pula dengan tepung, susu, dan minyak goreng. Karena itu, kita perlu berhati-hati.

Sebagai lembaga sertifikasi halal satu-satunya di Indonesia, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) bertugas memastikan kehalalan barang dan jasa dengan mengeceknya secara teliti.

Jika ingin bersantap di restoran yang terjamin halal, Anda bisa mengecek apakah ada logo Halal MUI di restoran tersebut. Perhatikan juga sertifikat halalnya, apakah asli dan masih berlaku.

Di Sulawesi Selatan, ada beberapa restoran yang sudah resmi terdaftar di LPPOM MUI. Tak hanya di Makassar yang didominasi muslim, di Tana Torajapun Anda bisa menemukan restoran halal. Jika bersantap di restoran berikut, jangan lupa berfoto dan mengunggah fotonya ke sini untuk mengikuti program Berkah Buka Bersama dengan hadiah menarik!

CV Azzahra Kembang Doery
Jl. Takalar 3 Blok L 151
BSP Makassar

Rice Chicken
Jl. Talasalapang No. 1 A
Makassar

Rumah Makan Katedoe Resto (CV Katedoe Kasih Jaya)
Jl. Baiturrahman No. 4
Makassar

Waroeng Steak & Shake
Jl. Boulevard Blok A3 No. 5
Makassar

Idaman
Jl. Merdeka No. 46, Makale
Tana Toraja

Mitra Patma
Jl. Ampera No. 21, Makale
Tana Toraja

Warung Makan 'Bengawan Solo'
Jl. Nusantara No. 61
Tana Toraja

(lus/odi)