Restoran Solaria Kini Resmi Kantongi Sertifikat Halal MUI

- detikFood Selasa, 03 Des 2013 13:02 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Setelah diterpa isu tentang penggunaan lemak babi dan angciu, kini Solaria membuktikan kehalalannya dengan menerima secara resmi sertifikat Halal MUI pada Selasa (03/12/13) di Kantor MUI, Jakarta.

Sertifikat halal diberikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dr. KH. Ma'ruf Amin kepada Pemimpin Solaria Aliuyanto. "Dengan diterimanya sertifikat halal MUI ini, kami memastikan seluruh hidangan Solaria terjamin halal," ujar Manajer Operasi Solaria Dedy Nugrahadi.

Awal September lalu, beredar pesan di BlackBerry Messenger (BBM) dan media sosial tentang ketidakhalalan sajian Solaria. Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI Pusat sendiri waktu itu menyatakan bahwa belum ada pengajuan sertifikasi halal dari Solaria.

Direktur LPPOM MUI Ir. Lukmanul Hakim, M. Si. menjelaskan bahwa sejak Agustus 2013 Solaria telah mengajukan permintaan sertifikasi halal. Namun, karena ketidaktahuan, proposal tersebut disampaikan ke LPPOM MUI DKI Jakarta, bukan Pusat, padahal Solaria memiliki cabang di berbagai penjuru Indonesia.

Barulah pada September 2013 pengurusan sertifikasi halal Solaria dilanjutkan ke LPPOM MUI Pusat. "Prosesnya empat bulan, padahal normalnya 45 hari. Hal ini terjadi karena perpindahan pengurusan sertifikasi dari provinsi ke pusat," ujar Lukmanul.

Lukmanul menambahkan, auditor LPPOM MUI mendatangi semua cabang restoran Solaria yang berjumlah sekitar 200 outlet di seluruh Indonesia. Aspek-aspek seperti bahan baku, proses, fasilitas, sampai sistemnya diteliti kehalalannya.

Di acara ini, Ma'ruf menyampaikan selamat atas diterimanya sertifikat halal oleh Solaria. "Artinya Solaria telah menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) dan berkomitmen terus berproduksi secara halal," katanya.

Dedy berharap, dengan dikeluarkannya sertifikat Halal MUI ini, kepercayaan masyarakat terhadap Solaria semakin meningkat. "Dari awal kami menggunakan bahan-bahan yang telah bersertifikat Halal MUI," tegas Dedy.

Solaria adalah restoran keluarga asli Indonesia dengan konsep casual dining. Berdiri sejak 1995, restoran ini dikelola oleh satu manajemen, bukan waralaba. Seluruh bahan baku untuk semua outlet dikirimkan dari Jakarta.
(dni/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com