Kenali Ciri-Ciri Bakso Sapi yang Halal dan Aman!

- detikFood
Jumat, 18 Jan 2013 15:24 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Adanya kabar mengenai penggunaan bahan non pangan pada produk bakso membuat konsumen jadi ragu. Pasalnya, bahan tersebut memberikan berbahaya jika dikonsumsi. Bagaimana cara mengenali bakso yang aman dan halal?

Jurnal Halal edisi 99 tahun 2013 memberikan tipsnya. Yang pertama adalah dengan mengenali ciri-ciri fisik bakso secara kasat mata. Bakso yang berkualitas memiliki bentuk bulat halus, ukurannya seragam, bersih, tidak kusam, juga tidak berjamur ataupun berlendir.

Saat membeli bakso mentah ataupun siap santap, perhatikan warnanya. Bakso yang baik umumnya berwarna coklat muda cerah ataupun sedikit kemerahan dan warnanya merata. Bakso yang baik juga tak berbau aneh seperti tengik, asam, basi, ataupun busuk.

Untuk mendapatkan bakso yang benar halal, pastikan gerai bakso yang Anda kunjungi memiliki sertifikat halal. Jika membeli bakso yang siap olah, pastikan juga tertera logo halal dari badan sertifikasi terpercaya pada kemasannya. Perhatikan juga tanggal produksi serta tanggal kadaluarsanya.

Agar lebih terjamin, membuat bakso sendiri juga menjadi opsi yang efektif. Dagingnya bisa dipilih sendiri dan dibeli di tempat yang khusus menjual daging berlabel halal. Dengan membuat sendiri, tentu Anda bisa memastikan semua bahan yang digunakan aman dan dijamin halal.

(flo/odi)