Kunjungan Jakim ke Gerai Makanan di Pavillion

- detikFood Jumat, 03 Sep 2010 15:42 WIB
Jakarta - Para pemilik gerai makan di pusat perbelanjaan Pavillion, Malaysia sempat panik saat Jakim berkunjung melakukan inspeksi mendadak. Banyak logo Halal yang tidak resmi yang ditempel oleh mereka di gerainya. Padahal mereka belum memiliki sertifikat resmi.

Jakim atau Jabatan Kemajuan Islam beberapa hari silam mengadakan inspeksi mendadak di pusat perbelanjaan Pavillion. Kunjungan mendadak ini membuat pemilik resto di kawasan itu kalang kabut. Pasalnya banyak yang memasang logo halal tidak resmi di tempat usaha mereka. Padahal mereka belum memiliki sertifikat halal dari Jakim.

Direktur Monitoring dari divisi halal Jakim, Amri Abdullah menyakini mereka melepas logo dan sertifikat yang tidak resmi tersebut untuk menghindari tuntutan. Dalam kunjungan tersebut Jakim didampingi Ministry of Domestic Trade, Cooperatives and Consumerism, and the Malaysian Muslim Consumers Association (PPIM). Dalam inspeksi tersebut diketemukan penjual bebek dan ayam panggang yang belum halal cara penyembelihannya.

Rombongan inspeksi terdiri dari 3 orang dari Jakim, 3 petugas kementerian dan 5 orang anggota PPIM. Mereka membawa sejumla keluhan dari masyarakat mengenai pemakaian sertifikat halal di area food court tersebut. Menurut mereka penempelan logo dan sertifikat halal di food court mereka atas inisiatif pengelola pusat perbelanjaan tanpa berkonsultasi dengan pihak Jakim.

(Sumber: Malaysiandigest.com)


(dev/Odi)