3 Langkah Bikin Nasi Goreng Sawi yang Sedap Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 07 Agu 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sekali-sekali bikin nasi goreng dengan paduan sayuran yang segar. Ditambah telur ayam dan sedikit bumbu, jadilah nasi goreng sedap buat sarapan.

Nasi goreng tetap menjadi pilihan praktis di pagi hari. Selain bisa memanfaatkan sisa nasi semalam, sajian lengkap atau one dish meal ini juga gampang dibuat. Untuk sawi sebagai paduan nasi goreng ini , bisa dipakai bokchopy, sawi biasa, sawi manis atau sawi putih. Setelah dicuci bersih dan ditiriskan, iris kasar sawi. Jika akan disajikan untuk anak, iris sawi lebih halus atau kecil agar gampang dikunyah.



Ikuti tahapan mudah ini untuk menyiapkan nasi goreng sawi.

3 Langkah Bikin Nasi Goreng Sawi yang Sedap Buat Sarapan Foto: iStock


1. Sebagai bahannya siapkan 300 g atau 2 piring nasi putih, 2 sdm minyak atau mentega, 2 siung bawang putih, cincang halus, 2 sdm kecap asin, 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam. Bahan pelengkap lainnya, 3 batang sawi/bokchoy, iris kasar, 100 g daging ayam, iris halus dan 2 butir telur ayam.

2. Panaskan minyak atau mentega, tumis bawang putih hingga wangi dan kuning. Masukkan nasi, kecap, merica, garam dan ayam, Aduk hingga rata.

3 Langkah Bikin Nasi Goreng Sawi yang Sedap Buat Sarapan Foto: iStock


3. Sisihkan nasi di pinggir wajan, masukkan telur, aduk cepat hingga bergumpal. Kemudian aduk rata dengan nasi goreng. Tambahkan sawi, aduk hingga sawi layu. Angkat dan sajikan hangat.

Telur ayam bisa juga dibuat dadar atau telur mata sapi. Sajikan nasi goreng dengan kerupuk dan taburan bawang merah goreng, jika suka.



Simak Video "Icip-icip Nasi Goreng Kebon Sirih Legendaris Sejak Tahun 1958"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)