Asam Kandis Yang Bikin Masakan Makin Sedap

ADVERTISEMENT

Asam Kandis Yang Bikin Masakan Makin Sedap

Flora Febrianindya - detikFood
Senin, 04 Jun 2012 12:19 WIB
Foto: Gardeningwithwilson.com / wikipedia
Jakarta -

Asam kandis banyak dimanfaatkan untuk membuat masakan khas Sumatera. Rendang, kari dan gulai jadi makin sedap karena tambahan asam kandis ini. Rasanya masam dan agak pahit. Asam yang satu ini juga memiliki khasiat hebat untuk mencegah berbagai penyakit kronis!

Garnicia xanthochymus atau asam kandis ini berasal dari India, dan merupakan kerabat dari buah manggis dan juga asam gelugur. Buahnya berbentuk bulat dengan bagian bawah mengerucut. Kulit buahnya yang matang berwarna kuning, dan yang masih mentah warnanya hijau dengan permukaan yang mengilap.

Ketika dibelah, buahnya berwarna kuning terang dengan tekstur empuk. DI tengahnya ada biji berwarna coklat yang bulat memanjang. Buahnya yang kuning cerah mengerucut ini memiliki ukuran sekitar 9 cm.

Selain dikeringkan menjadi bumbu masakan, asam kandis juga banyak dibuat menjadi selai. Asam kandis yang dikeringkan juga berfungsi sebagai pewarna makanan dan menghasilkan warna makanan yang hitam pekat.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa senyawa rubraxanthone dan isocowanol di dalam asam kandis mampu mencegah penyempitan pembuluh darah yang menjadi pemicu stroke. Kulit dan buah asam kandis yang berwarna kuning cerah juga kaya akan antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas.

Biasanya, asam kandis dimasukkan dalam bentuk utuh ke dalam masakan, ataupun dihaluskan bersama bumbu masakan lain. Asam kandis bisa didapatkan di pasar tradisional. Agar tidak cepat berjamur, simpan asam kandis di dalam wadah kedap udara di tempat yang kering.

(flo/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT