Merica Batak yang Bikin Gulai Jadi Nikmat

Flora Febrianindya - detikFood Kamis, 31 Mei 2012 17:29 WIB
Foto: orlandosidee.de
Jakarta - Rempah yang satu ini sering dijumpai dalam masakan khas Sumatra Utara. Sebut saja sangsang dan arsik yang tak sempurna tanpa penggunaan bumbu ini di dalamnya. Si mungil ini memang membuat masakan bercita rasa pedas enak yang bikin nagih!

Bumbu yang dijuluki sebagai “merica batak” ini sebenarnya tak hanya sering digunakan di tanah Batak saja. Masakan Asia Timur dan juga Asia Selatan banyak menggunakan si bumbu yang bikin masakan jadi lebih sedap ini. Di Cina dikenal dengan sebutan 'Sichuan pepper'.

Sichuan pepper ini memberikan cita rasa yang pedas menyengat di lidah, namun tidak sekuat cabai atau merica. Andaliman sering digunakan dalam masakan berbahan daging dan juga ikan untuk menghilangkan bau amisnya dan menambah cita rasa.

Andaliman memiliki aroma khas yang segar lembut, mirip-mirip aroma jeruk dan juga lavender. Pohon andaliman yang berduri ini tumbuh liar di tanah kering, dan tinggi pohonnya bisa mencapai 1,5 meter. Buahnya kecil bulat seperti merica dan tumbuh bergerombol.

Andaliman muda memiliki warna hijau, yang matang berwarna merah, dan andaliman kering berwarna hitam. Butiran andaliman ini bergerombol dengan ranting-ranting halus kecil. Karena menghasilkan cita rasa yang pedas enak, andaliman cocok juga dijadikan masakan berkuah seperti gulai.

Rempah ini bisa dihaluskan bersama cabai sebagai sambal atau sebagai bumbu lengkap aneka hidangan daging dan ikan. Andaliman bisa dibeli di pasar tradisional dalam bentuk setengah kering atau kering. Jika tak habis dipakai, simpan sisanya dalam lemari es agar tidak mudah berjamur.

(flo/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com