Bunga Lawang Penggugah Selera

Eka Septia Wulan - detikFood Jumat, 21 Agu 2009 17:34 WIB
Jakarta - Rempah cantik yang bentuknya mirip dengan bunga yang sedang mekar ini sering digunakan untuk bumbu penyedap di berbagai jenis masakan khususnya Asia. Aromanya khas dan rasanya yang unik menjadi daya tariknya. Mau tahu lebih lengkap? Simak infonya di sini!

Pekak atau star anise atau Bunga lawang ini mungkin masih banyak orang yang belum terlalu mengenalnya. Nama pekak biasanya digunakan oleh orang keturunan Tionghoa yang berada di Jawa, sedangkan orang Bali menyebutnya Bunga Lawang dan orang Eropa menyebutnya Star Anise karena bentuknya yang menyerupai bintang.

Rempah ini sebenarnya sangat populer, apalagi dalam masakan Asia seperti Cina, Thailand, Jepang, dan juga Vietnam. Sebut saja masakan seperti sapo tahu memiliki aroma harum yang unik, enak dan menggugah selera.

Di Indonesia, pekak memang kurang populer jika dibandingkan dengan lada ataupun pala. Tapi di beberapa daerah pekak digunakan untuk menambah kelezatan dan membuat harum aroma masakan sehingga memicu selera Anda untukmakan. Pekak atau bunga lawang ini bisa digunakan secara utuh atau dihaluskan terlebih dahulu.

Sop buntut, kari kambing, 'pho'-mi kuah Vietnam akan makin nikmat jika ditambahkan sedikit rempah yang bernama latin Illicium Verum ini. Pekak juga dipakai sebagai ramuan obat batuk dan menjadi rempah penting dalam campuran five spice powder atau bumbu ngohiang khas Cina disamping adas, cengkih, kayu manis, dan juga lada Szechuan.

(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com