Mace Harum untuk Kue

Eka Septia Wulan - detikFood Rabu, 05 Agu 2009 16:17 WIB
Jakarta - Tak hanya daging buahnya yang enak untuk dijadikan manisan, bunganya juga ternyata sering digunakan untuk membuat kue loh! Bagaimana cara mengolah dan menyimpannya? Temukan jawabannya di sini!

Jangan remehkan bentuk buah yang tipis seperti jaring ini. Karena hampir seluruh bagian dari buah ini sangat bermanfaat untuk Anda. Mulai dari daging buahnya yang tebal sangat enak dijadikan manisan. Biji buahnya yang sudah dikeringkan sering digunakan untuk bumbu penyedap masakan.

Nah, seperti tak mau ketinggalan dengan dua bagian buah lainnya bunga dari buah pala pun ternyata mengandung banyak sekali manfaat. Bunga pala ini biasa disebut dengan fuli atau mace. Teksturnya tipis warnanya cokelat terang, dengan harum yang sangat segar khas buah pala. Aromanya tidak sekuat biji pala. Karena yang disebut bunga ini tak lain adalah lapisan tipis berbentuk jaring tak teratur yang melkat pada bagian kulit pala yang keras.

Bunga pala biasanya digunakan sebagai campuran adonan kue, puding, minuman, dan juga masakan untuk memberikan aroma yang khas. Bunga pala bisa ditemui di pasartradisional ataupun supermarket. Dijual dalam bentuk kering siap pakai. Untuk menyimpannya letakkan bunga pala dalam stoples atau wadah yang tertutup rapat untuk menjaga mutu dan aromanya tidak hilang. Kemudian simpanlah di tempat yang kering dan sejuk agar tetap lembab, segar, dan tidak berjamur.

(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com