Pecel dan Sambal Tumpeng Solo

- detikFood Kamis, 12 Jan 2012 10:04 WIB
Foto: Bondan Winarno Foto: Bondan Winarno
Solo - Anda tentu sudah tahu pecel – berbagai sayur rebus disiram dengan sambal kacang. Biasa dijual di pinggir jalan. Tetapi, di Solo sekarang ada sebuah "warung" – Waroeng Tempo Doeloe – yang menampilkan pecel dengan gaya priyayi.

Warung pecel dengan gaya priyayi ini memakai sayuran sangat lengkap: bayam, tauge, kacang panjang, daun pepaya (tidak pahit), kembang turi, kenikir, kecipir, lamtoro (petai cina). Disajikan dengan nasi merah atau nasi putih, dengan pilihan tiga jenis sambal: sambal kacang, sambal wijen, atau sambal tumpang. Pilihan sulit, karena semuanya lezat.

Sambal wijen berwarna hitam, karena wijennya disangrai. Rasanya lebih gurih dibanding sambal kacang. Sambal tumpang berwujud kuah kental berbahan dasar tempe semangit (tempe yang dibiarkan beberapa hari, tapi belum busuk) dan krupuk rambak atau tetelan dan urat sapi. Pecelnya disajikan dengan pincuk dari daun pisang, dengan karak (krupuk gendar) yang juga bisa difungsikan sebagai sendok yang ukurannya pas mulut.

Lauk-pauk yang ditebar di meja sungguh membuah ngiler, antara lain: tempe/tahu bacem, telur matasapi, lele goreng, wader, empal dan limpa goreng, dan masih banyak lagi. Jangan lupa mencicipi gembrot, semacam pepes atau bothok dari daun sembukan. Pencuci mulutnya adalah es beras kencur.

Di Delanggu, sekitar 25 kilometer dari Solo, populer sebuah warung pecel dengan sajian khas. Pecelnya didampingi terik daging yang gurih, lebih cocok lagi dengan belut goreng yang kriuk. Warung ini juga menyajikan hidangan rumahan yang lezat, seperti: sayur lodeh, oseng daun pepaya, dan lain-lain.

Pecel Solo > (dikenal juga sebagai Pecel nDeso Waroeng Tempo Doeloe), Jl. Dr. Supomo 55, 0271 713667/737379, 07.00-16.00: Tempat menyenangkan, cozy, suasana mirip Made’s Warung di Kuta.

Warung Pecel Bu Kis > Jl. Gleges, Priyobadan (belakang Pengadilan Negeri), 0271 730645,
07.00-14.00: Sambal tumpangnya istimewa! Juga tersedia trancam, selat, tahu acar, bubur sumsum, bubur ketan hitam, es asem, dan lain-lain.

Pecel Terik Mas Gembong > Jalan Raya Yogya-Solo, Desa Tegalgondo, Delanggu, 0813 29135593: Pecel yang legit dengan lauk terik daging (semacam semur kering) dan berbagai lauk khas Jawa, a.l. belut goreng. Hidangan lain yang populer di warung ini adalah tumis daun pepaya, sayur lodeh, dan lain-lain.

Warung Bu Tris > Jl. Ngesrep (sebelah barat Bandara Adisumarmo), 0271 2107242, 06.00-18.00: Terkenal di kalangan awak pesawat, karena dulu tempatnya persis di depan gedung terminal lama. Empal-nya khas.

Pecel Menangan > Jl. Citarum, Kampung Menangan, 0812 2980753: Tambahan sayur khas di sini adalah capar mlanding, yaitu tauge yang dibuat dari petai cina, didatangkan khusus dari Wonogiri.



(dev/dev)