Agar Bola-bola Daging Juicy dan Empuk, Buat dengan Cara Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 01 Sep 2016 17:29 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bola-bola daging sering keras atau kenyal dan kering. Bisa jadi hal ini karena salah memilih jenis dagingnya.

Bola-bola daging paling enak tentu buatan sendiri. Agar rasanya gurih, juicy dan tidak keras ada beberapa hal yang penting diperhatikan. Untuk jenis daging, sebaiknya jangan memakai daging tanpa lemak sama sekali seperti tenderloin. Karena bola daging teksturnya akan keras. Lemak tetap diperlukan agar teksturnya lembut dan rasanya gurih.

Sebaliknya jika memakai daging terlalu banyak lemak akan membuat daging terlalu berminyak. Tekstur bola daging tidak akan mulus karena lemak daging meleleh saat terkena panas.

Agar teksturnya lembut perlu ditambahkan pengikatnya. Seperti roti tawar yang direndam susu cair hingga lembek, atau tepung roti atau tepung terigu. Jangan lupa tambahkan juga kuning telur ayam.

Tambahkan bumbu berupa garam, merica, pala, dan rempah lainnya. Seperti oregano, thyme atau basil kering atau segar yang dicincang halus. Untuk memberi tekstur juicy, bisa juga ditambahkan cincangan jamur, cincangan daun bayam, wortel, atau terong ungu.

Sebaiknya tambahkan tak lebih dari 20% jumlah daging. Aduk adonan daging dengan tangan hingga benar-benar rata. Kemudian bentuk menjadi bola-bola. Jika ingin bentuknya sama timbang tiap bulatan daging.

Untuk mematangkan daging bisa dikukus atau panggang dalam oven yang sudah dipanaskan. Jangan lupa aduk agar matangnya merata. Jika ingin dimatangkan dengan cara ditumis, gunakan sedikit mentega. Aduk hingga seluruh sisinya kecokelatan. Jangan terlalu kering karena tekstur bola daging tak akan juicy. (odi/odi)