Ganti Mentega dengan Olesan Segar untuk Roti Panggang Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 25 Agu 2016 11:47 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bosan dengan roti panggang dioles cokelat dan selai buah? Coba bikin variasi lain yang lebih menyegarkan.

Roti panggang atau toast sering jadi pilihan untuk sarapan. Umumnya roti dioles mentega atau margarin. Kemudian diberi olesan selai kacang atau selai cokelat.

Jika bosan dengan olesan tersebut, Anda bisa menikmati roti panggang dengan sajian yang lebih menyegarkan.



Untuk roti bisa dipakai roti tawar jenis apa saja. Panggang roti hingga kecokelatan kedua sisinya. Kemudian siapkan olesan dari daging buah alpukat.

Lumatkan daging buah alpukat yang masak. Kemudian tambahkan sedikit garam, merica dan air jeruk lemon. Lumatan alpukat ini rasanya gurih dan bisa menjadi pengganti mentega.

Oleskan di atas roti panggang hingga rata. Bisa ditambahkan bahan lainnya. Seperti telur rebus atau udang rebus agar rasanya lebih enak mengenyangkan.



Alternatif kedua, gunakan tomat cincang sebagai olesan. Pilih tomat yang tua. Cincang halus lalu tambahkan daun basil yang dicincang halus, merica hitam dan garam serta sedikit minyak olive.

Tomat cincang siap dijadikan olesan roti panggang. Bisa ditambahkan telur rebus atau daging asap yang diiris kasar serta keju.

Jika tak ingin repot, buat kedua olesan tersebut untuk 2-3 kali pakai. Simpan dalam wadah bertutup rapat di dalam lemari es. Jangan lupa, aduk -aduk tiap kali akan memakainya. (msa/odi)