Bagaimana Cara Membekukan Pepaya?

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 19 Agu 2016 10:58 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Punya pepaya berlebih dan bosan menyantapnya? Sebaiknya bekukan saja supaya lain saat tetap segar dan enak dimakan.

Seperti buah pada umumnya, pepaya juga bisa dibekukan. Cara ini paling prakts untuk mengawetkan rasa dan nutrisi pepaya. Sebaiknya bekukan pepaya saat sudah masak dan siap santap.

Kupas bersih pepaya lalu belah dan keruk bijinya hingga bersih. Cuci pepaya lalu potong-potong ukuran sekali suap. Susun potongan pepaya di atas wadah/loyang datar. Usahakan tidak bertumpukan.

Simpan dal am freezer selama 2 jam hingga pepaya beku. Keluarkan dari freezer, susun dalam wadah kedap udara lalu simpan dalam freezer kembali. Cara ini menghindarkan pepaya bertumpuk dan bonyok.

Pepaya beku bisa dijadikan campuran smoothies dengan yogurt dan madu. Atau buat jus segar, blender bersama air jeruk manis atau air jeruk lemon. Atau buat pure pepaya untuk diberikan pada si kecil.

Jika ingin dikonsumsi dalam suhu ruangan, biarkan pepaya beku beberapa saat di luar hingga meleleh lapisan esnya. (odi/odi)