ADVERTISEMENT

Ini Cara Bikin Acar Mentimun yang Renyah Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Kamis, 04 Agu 2016 10:34 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Acar mentimun yang renyah segar bisa jadi pelengkap beragam makanan. Kalau mau bikin sendiri juga gampang, cukup ikuti langkah ini.

Pilihlah jeins mentimun hijau (kyuri) atau putih yang berukuran kecil atau muda. Ini agar teksturnya renyah, juicy dan manis rasanya. Cuci bersih dan potong ujung pangkalnya.

Jika mentimun berupa baby cucumber tak perlu dipotong. Jika ukurannya sedang, potong menjadi berukuran 5 cm. Kemudian kerat menyilang permukaannya hingga merekah.


Sebagai pelengkap siapkan bawang merah kupas dan bawang putih kupas. Kemudian untuk rasa pedas bisa dipakai cabai rawit merah utuh atau cabai merah besar yang diiris memanjang atau serong.

Siapkan pula wadah berupa stoples kaca yang sudah direbus dan dikeringkan. Ini untuk mencegah acar berjamur. Pastikan tutupnya bisa terkunci rapat.

Untuk kuah acar, rebus air secukupnya (sesuaikan dengan jumlah mentimun). Tambahkan garam, cuka dan irisan umbi kunyit secukupnya. Cicipi, rasanya harus asam sedikit manis.


Susun mentimun, cabai, bawang merah dan bawang putih di dalam stoples yang sudah kering dan steril. Tuangkan kuah mendidih ke dalam stoples. Biarkan hingga dingin. Tutup hingga rapat.

Simpan dalam tempat sejuk atau di dalam stoples. Setelah 3 hari, acar mentimun bisa dinikmati sebagai pelengkap mie goreng, nasi goreng, mie ayam atau burger.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT