Olah dengan Cara Ini Agar Fillet Ayam Rasanya Lebih Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 01 Agu 2016 11:22 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Fillet ayam banyak tak disukai karena rasanya hambar. Padahal dengan sedikit trik, daging dada ayam bisa jadi sajian enak.

Untuk mereka yang menjaga asupan lemak, daging dada ayam jadi pilihan pelaka pola makan sehat. Karena daging dada tak mengandung banyak lemak maka rasanya kurang gurih. Dbandingkan daging ayam bagian paha atas atau bawah.

Agar rasanya lebih enak, ada berbagai cara mengolahnya. Pertama, bisa dengan cara dikukus. Biarkan kulit ayam melekat pada potongan dagingnya. Bumbui dengan bawang putih parut, garam dan merica kemudian kukus hingga matang.

Saat akan dikonsumsi, kupas kulit ayam. Atau biarkan daging ayam terendam bumbu selama 30 menit kemudian panggang dalam oven panas hingga empuk. Angkat, kupas kulit ayam. Daging ayam bisa dijadikan campuran salad.

Jika ingin rasa lebih enak, kupas kulit dada ayam, rendam potongan daging dada ayam dengan bawang bombay dan bawang putih parut, kecap (soy sauce) sedikit gula, garam dan merica. Setelah 1 jam, bakar/panggang di dalam wajan datar yang sudah dipanaskan. Beri sedikit minyak sayur agar rasa daging ayam sedikit gurih. Ayam panggang bisa dinikmati dengan salad atau nasi.

Daging dada ayam terutama yang potongan lebih cepat empuk dibandingkan dengan daging paha. Jika potongan daging sudah menyusut dan jika ditekan cukup keras berarti daging sudah lunak. Siap dikonsumsi atau diolah dengan bumbu.

Jika ingin lebih cepat matang, potong-potong fillet ayam melintang serat kasar-kasar atau dicincang kasar. Karena rasanya cenderung hmabar, bumbui daging dada ayam cukup royal. Tambahan rempah dan aneka saus bisa jadi pelengkapnya. (odi/odi)