Apakah Sosis Perlu Dimasak Lagi?

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 27 Jul 2016 14:32 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sosis ayam atau sapi sering jadi andalan lauk praktis. Sebenarnya apakah sosis perlu dimasak atau dipanggang lagi?

Sosis sapi atau sosis ayam dan beragam jenisnya merupakan produk pangan olahan. Sebenarnya ada dua jenis sosis. Yang dimasak atau matang dan yang segar atau mentah.

Sosis segar tak begitu populer di Indonesia. Hanya dijual di supermarket premium saja karena usia simpannya pendek dan perllu penanganan khusus. Yang paling populer adalah sosis masak.

Sosis ini umumnya jenis frankfurter, weiner, bratwrust atau coktail. Dimatangkan dengan cara direbus atau diasap. Kemudian sosis ini dikemas dalam kantong plastik kedap udara dan disimpan dalam chiller.

Sesuai dengan namanya sosis matang atau 'cooked sausages' maka sosis ini sudah siap makan. Hanya saja perlu diperhatikan sarung atau casing sosis ada yang terbuat dari plastik dan harus dikupas dulu.

Umumnya sosis matang ini dingin karena disimpan dalam chiller. Jika ingin menghangatkan kembali. Cukup rebus sosis dalam air mendidih. Atau kukus sosis selama 15 menit atau hingga panas. Jangan menambahkan garam karena sosis umumnya sudah asin.

Jika ingin lebih enak dengan tekstur renyah, panggang sosis di atas api atau masukkan wajan panas. Jangan lupa olesi mentega hingga rasanya lebih gurih. Olesan bumbu BBQ bisa menambah enak sosis ini.

Sebaiknya jangan mengerat kulit luar sosis dengan pisau karena ini akan membuat jus sosis keluar saat direbus atau dipanggang. Akibatnya sosis akan kering dan hambar saat matang.

Biarkan sosis utuh dalam bungkusnya saat direbus atau dipanggang. Jangan lupa simpan sisa sosis dalam wadah tertutup di lemari es agar terjaga kualitasanya dan tidak berjamur. (odi/odi)