Cara Praktis Membagi Adonan Kue Dalam Beberapa Loyang

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 01 Jul 2016 16:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Membuat kue sekaligus untuk 3 loyang atau lebih, lebih praktis. Tetapi perlu trik agar jumlahnya sama dan bisa matang merata.

Jika adonan sudah mengembang dan dicampur dengan bahan kering sebaiknya langsung dipanggang agar tidak turun. Untuk takaran satu loyang bisa sekaligus dituangkan. Tetapi jika akan dicetak dalam beberapa loyang bisa dilakukan beberapa cara.

Untuk membagi adonan menjadi 3 loyang bisa digunakan beberapa cara. Yang paling praktis tentunya dengan cara menimbang keseluruhan adonan berikut wadahnya. Kemudian bagi menjadi 3 berat bersihnya.



Cara lainnya dengan memakai skop es krim atau gelas ukuran. Taruh berurutan sekaligus 3 loyang sehingga adonan bisa terbagi rata.

Cara lain yang bisa digunakan adalah memakai sendok sayur. Langsung taruh adonan berurutan dalam 3 loyang sampai adonan habis.

Adonan harus terbagi sama rata agar tebal dan besarnya cake sama saat matang. Cake harus rata dan sama tebal terutama jika akan dilapisi krim. Untuk olesan krim di tiap lapisan juga bisa dipakai cara menakar yang sama supaya krim sama tebalnya. (msa/odi)