Ini Cara Tepat Merebus Biji Sago

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 24 Jun 2016 10:40 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Biji sago atau mutiara sering dipakai untuk campuran bubur dan kue. Agar hasilnya lembut licin dan harum, perhatikan tips merebusnya.

Biji mutiara dan pacar cina merupakan produk dari tepung tapioka yang dikeringkan. Biji mutiara ada dua jenis. Yang lokal dengan warna putih, merah dan hijau. Sedangkan yang impor berwarna pastel, oranye muda, hijau muda, merah muda dan putih.

Untuk merebus, didihkan air secukupnya dalam panci bersama 1 lembar daun pandan yang dipotong atau diikat. Karena biji mutiara dan pacar cina akan mengembang, pastikan jumlah airnya cukup.


Masukkan biji mutiara atau pacar cina dan rebus dengan api sedang hingga lunak. Tandanya biji mutiara menjadi bening seluruhnya dan tak ada titik putih kanji.

Dalam proses merebus ini jika air menyusut bisa ditambahkan air panas. Jangan lupa aduk-aduk sesekali agar tidak lengket di dasar panci.

Angkat dan saring biji mutiara. Masukkan segera ke dalam air yang diberi es batu. Ini untuk membantu biji mutiara dingin dan tidak lengket. Tiriskan dan siap dijadikan campuran es, bubur atau kue.

(adr/odi)