Ini Caranya Bikin 'Fruit Cocktail' Lebih Renyah dan Segar

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 17 Jun 2016 14:04 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - 'Fruit cocktail' jadi sajian favorit untuk berbuka puasa. Campuran potongan buah segar ini rasanya manis, asam dan segar!

Untuk membuat fruit cocktail yang enak, pilihlah jenis buah-buahan segar dengan berbagai rasa dan warna. Padukan warna hijau, oranye, merah, kuning dan ungu agar menarik tampilannya. Misalnya paduan kiwi, nanas, strawberry, pepaya, melon, buah naga dan semangka.



Potong-potong buah dengan ukuran yang hampir sama. Atau pakai cara klasik dengan sendok pembulat buah sehingga buah berbentuk bola-bola.

Agar menambah sensasi renyah, masukkan potongan buah dalam plastik terpisah dan simpan dalam freezer hingga beku. Selain tahan segar lebih lama, buah yang beku akan meleleh perlahan setelah diberi larutan situp atau gula. Tak perlu menambahkan banyak es batu.

Untuk kuahnya, siapkan jus jeruk segar, aduk dengan madu, beri sedikit cincangan daun mint. Atau gunakan air soda manis yang sudah didinginkan. Pilihan lainnya, larutan susu kental manis atau larutan sirop dengan rasa buah atau vanila.



Es batu potongan perlu ditambahkan. Tetapi sebaiknya taruh sesaat sebelum disajikan sehingga tak terlalu berair. Jangan memasukkan terlalu banyak es batu karena kuahnya akan hambar setelah es meleleh.

Sajikan fruit cocktail dalam gelas palstik bertutup jika akan dibawa. Atau gelas dan mangkuk pendek. Agar lebih menarik bisa dipakai belahan semangka yang sudah dikeruk isinya. (msa/odi)