Ini Cara Bikin Saus Strawberry yang Segar Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 07 Mar 2016 14:10 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Saus strawberry sellau jadi favorit untuk pelengkap es krim, pancake atau crepe. Membuatnya juga gampang asal tahu triknya.

Saus strawberry merupakan saus buah yang paling populer. Sebagai pelengkap crepe, pancake, puding atau es krim. Untuk membuat sendiri perlu menyiapkan buah strawberry yang utuh, matang, merah merata dan ukurannya sama.



Cuci bersih srtawberry lalu belah dua dan tiriskan. Masukkan ke dalam panci dan tambahkan 50 gram gula pasir untuk setiap 500 gr strawberry. Masak dengan api sedang hingga gula larut dan mendidih.

Kecilkan api, tambahkan 1-2 sdm air jeruk lemon dan sedikit kulit jeruk lemon parut/iris jika suka dan rebus hingga strawberry agak lunak. Angkat. Jika suka teksturnya agak kasar, tekan-tekan strawberry dengan pelunak kentang hingga agak memar.



Jika suka yang halus tanpa biji, angkat strawberry lalu blender hingga halus dan saring. Rebus kembali airnya dalam panci hingga mendidih.

Sebagai pengental, larutkan 1 sdm tepung maizena dalam air lalu tuangkan ke dalam rebusan strawberry dan masak hingga kental. Angkat dan dinginkan. Saus strawberry siap dipakai.



(odi/odi)