Ini Cara Memasak Brokoli Agar Tetap Renyah dan Cantik Warnanya

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 01 Feb 2016 17:10 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Brokoli rebus bisa jadi pelengkap beefsteak atau campuran salad yang enak. Untuk memasaknya perlu trik tertentu agar warnanya tetap hijau cantik.

Pertama, pilih brokoli segar dengan kuntum rapat berwarna hijau agak gelap. Tangkainya masih segar dan ujungnya berwarna putih kehijauan. Cuci di bawah air mengalir lalu lepaskan kuntumnya. Potongan batang yang keras tetapi yang dekat kuntum bisa dibelah dan dipotong.



Didihkan air secukupnya dalam wajan, beri sedikit garam. Masukkan brokoli dan rebus selama beberapa menit hingga warnanya berubah kehijauan. Angkat dan tiriskan segera.

Setelah air tiris benar dan brokoli masih hangat, aduk dengan sedikit mentega hingga rata. Atau perciki minyak olive dan sedikit air jeruk lemon. Sebagai penyajian, taburi dengan almond cincang.



Alternatif lainnya, kukus brokoli selama beberapa menit saja hingga kuntum dan batangnya layu. Angkat dan aduk dengan mentega atau minyak olive.

Jika akan disimpan lama, setelah direbus atau dikukus. Dinginkan brokoli dan kemas dalam wadah tertutup. Simpan dalam freezer hingga membeku.


(odi/odi)