Memasak Buncis agar Renyah dan Tetap Hijau Cerah Warnanya

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 15 Jan 2016 16:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Meski terlihat gampang, merebus buncis hasilnya sering tak memuaskan. Warnanya kecokelatan dan teksturnya liat. Bagaimana cara merebus yang tepat?

Buncis jenis biasa maupun jenis buncis Prancis mudah diolah. Bisa untuk tumisan atau pelengkap lalapan. Umumnya buncis ini direbus atau dikukus agar teksturnya empuk juicy.

Untuk mendapatkan tekstur renyah dan warna hijau cerah saat direbus, pertama bersihkan ujung-ujung buncis. Sekaligus pilih buncis yang sama panjang dan ukuran serta masih muda. Dengan cara ini matangnya akan bersamaan.



Rebus air mendidih beri sedikit garam. Masukkan buncis yang sudah dibersihkan didihkan selama 3 menit lalu angkat dan tiriskan. Segera rendam dalam wadah berisi es batu dan sedikit air. Biarkan hingga benar-benar dingin.

Setelah itu, tiriskan buncis hingga kering. Buncis siap disajikan sebagai lalapan atau pelengkap beefsteak. Atau potong-potong sesuai kebutuhan resep. Warnanya tetap hijau dan teksturnya renyah. Jika ingin lebih gurih, tumis sebentar dengan sedikit mentega.



Jika akan dikukus, panaskan kukusan hingga pannas benar. Kukus buncis dalam kukusan panas selama 3 menit. Angkat segera dan dinginkan. Buncis bisa disajikan segera atau dijadikan campuran makanan lainnya.

(odi/odi)