Memasak Udang Segar untuk Salad

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 30 Des 2015 10:28 WIB
Foto: detikfood/Thinkstock
Jakarta - Udang rebus enak disajikan sebagai campuran salad atau dicocol dengan saus. Meskipun terlihat mudah, merebus udang perlu trik agar tetap renyah dan gurih.

Saat membeli udang, pastikan Anda memilih udang yang benar-benar segar. Berukuran sedang hingga besar, kulitnya bening dan kepalanya masih melekat pada badannya. Beraroma segar seperti air laut.



Cuci bersih udang kemudian tiriskan. Didihkan air secukupnya dalam panci, beri sedikit garam. Masukkan udang dan biarkan 2 menit atau hingga kulit udang menjadi kemerahan oranye. Angkat udang segera.

Jangan terlalu lama merebus udang, atau membiarkan udang hingga melengkung ke dalam ekornya. Ini tandanya udang terlalu masak dan teksturnya akan keras serta kurang gurih rasanya.

Masukkan udang dalam mangkuk berisi sedikit air dan potongan es batu. Diamkan hingga udang dingin. Kemudian, kupas kulit dan kepala udang. Sisakan ekor atau kupas seluruhnya.



Sebaiknya taruh udang rebus dalam suhu dingin. Taruh udang rebus dalam mangkuk dan taruh mangkuk di atas baskom berisi es batu. Atau taruh udang dalam wadah bertutup dan simpan dalam lemari es. Usahakan selalu menaruh udang rebus dalam suhu dingin agar tak mudah rusak atau berbau.

Udang rebus bisa disajikan untuk campuran Prawn Salad atau langsung disantap dengan kucuran air jeruk lemon dan cocolan saus tartar.

(odi/odi)
DMentor
×
Bisnis Untuk Si Introvert
Bisnis Untuk Si Introvert Selengkapnya