Membuat 'Sugar Glaze' untuk Hiasan Kue Kering

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 22 Des 2015 11:30 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kue kering yang polos akan menjadi cantik dengan olesan gula warna-warni. Membuat 'sugar glaze' gampang-gampang susah. Karenanya perlu perhatikan triknya.

Sugar Glaze dikenal dengan sebutan Glazuur. Adonan gula kental ini biasa dipakai untuk mengolesi permukaan cookies, kue atau donat dan muffin. Biasanya agak keras dan rasanya manis.



Untuk membuatnya, siapkan 125 g gula bubuk yang bagus dan saring hingga halus. Kemudian aduk dengan 2 sdm susu cair hingga menjadi adonan yang kental mulur. Jika suka, bisa ditambahkan 1 sdm corn syrup untuk efek mengkilap.

Sebagai perasa bisa ditambahkan esens vanila atau almond. Aduk hingga merata. Jika ingin membuat warna-warni, bagi menjadi beberapa bagian dan beri pewarna makanan sesuai selera. Aduk hingga licin.



Masukkan adonan gula dalam kantong semprotan kue lalu gunting kecil ujungnya untuk membentuk hiasan menjadi titik-titik atau garis-garis. Untuk olesan permukaan kue bisa dipakai spatula kecil.

Setelah dihias bairkan kue terkena angin hingga mengering. Selanjutnya kemas kue dalam wadah bertutup rapat atau dalam kantong yang diikat kuat. Karena lapisan gula mudah meleleh jika terkena udara dan akan membuat kue mudah lembek.



(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com