ADVERTISEMENT

Bagaimana Meracik Urap Sayuran agar Tak Mudah Basi?

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Selasa, 15 Sep 2015 11:30 WIB
Foto: Wikipedia
Jakarta - Urap sayuran mudah dibuat dan merupakan makanan sehat. Hanya saja sajian sayuran dan kelapa berbumbu ini mudah sekali basi. Bagaimana menyiasatinya?

Sebelum membuat urap sayuran, tentukan dulu jenis sayuran yang akan dicampur sebagai bahan urap. Usahakan ada variasi warna dan tekstur agar menarik tampilannya. Misalnya, bayam, kacang panjang, wortel, kol dan tauge. Hindari memakai sayuran yang mudah berubah warna seperti kangkung.

Didihkan air secukupnya dalam panci. Siapkan baskom berisi es batu dengan sedikit air. Rebus masing-masing sayuran hingga layu dan setengah masak. Angkat, tiriskan dan masukkan dalam air es agar warnanya tetap segar. Biarkan hingga dingin.

Angkat dan tiriskan hingga benar-benar tak ada air tersisa. Jika perlu lap dengan tissue dapur hingga kering. Air pada sayuran akan membuat urap berair dan mudah basi.

Siapkan kelapa parut yang sudah dicampur dengan bumbu. Kukus hingga kelapa matang, angkat dan dinginkan.

Saat akan disajikan, aduk sayuran dengan kelapa parut berbumbu hingga rata. Gunakan sendok untuk mengaduk atau aduk dengan tangan yang dilapisi sarung tangan agar urap tetap bersih. Sajikan segera dengan pelengkap irisan mentimun dan daun kemangi.

(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT