Ikan Goreng Tepung yang Renyah dan Kering

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 25 Agu 2015 14:32 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Fillet ikan berlapis adonan tepung disukai banyak orang terutama anak-anak. Karena rasanya renyah dan kering. Bagaimana menggoreng ikan berlapis tepung agar renyah dan enak?

Jenis fillet ikan yang cocok digoreng dengan lapisan tepung adalah ikan kakap, ikan dory atau ikan tenggiri. Siapkan fillet ikan (tanpa kulit dan tulang), potong-potong dengan ukuran sama.

Taburi fillet dengan sedikit garam dan merica hingga rata. Kemudian siapkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan merica bubuk, garam dan rempah lain sesuai selera. Susu cair secukupnya, putih telur kocok secukupnya, sesuai dengan jumlah ikan. Untuk pelapis luarnya bisa memakai tepung panir halus, tepung roti tawar yang kasar atau tepung panko. Masing-masing taruh dalam mangkuk terpisah.

Pastikan fillet ikan sudah tiris dan kering. Balut dengan campuran tepung terigu hingga rata. Lalu celupkan dalam telur kocok, balut dengan tepung panir hingga seluruh bagian fillet ikan terlapisi rata.

Susun fillet ikan berlapis tepung di atas baki, diamkan beberapa saat hingga agak kering. Panaskan minyak banyak dalam wajan cekung atau panci dengan api sedang.

Goreng ikan berlapis tepung secara bertahap. Pastikan ikan tenggelam dalam minyak. Jangan terlalu banyak memasukkan ikan ke dalam wajan. Goreng hingga ikan kuning keemasan dan kering lalu angkat dan tiriskan. Biarkan beberapa saat hingga ikan agak hangat. Sajikan dengan saus cabai atau mayonnaise.

(odi/odi)