Bagaimana Memilih Gula Bubuk untuk Kue?

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 29 Jun 2015 07:24 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Gula bubuk banyak dipakai untuk membuat kue kering dan cake. Di pasaran banyak merk yang dijual. Bagaimana memilih dan memakai gula bubuk dengan benar?

Gula bubuk dikenal dengan sebutan icing sugar atau powdered sugar. Dibuat dari gula pasir yang digiling sangat halus. Umumnya ditambahkan sedikit tepung maizena agar gula ini tak mudah bergumpal atau mengeras jika terkena udara.

Di pasaran banyak merk gula bubuk. Ada yang halus tak bergumpal tetapi ada juga yang keras bergumpal. Jika keras bergumpal bisa jadi terlalu banyak tepung maizena yang ditambahkan atau disimpan terlalu lama.

Sebelum dipakai, ada baiknya ayak gula bubuk ini untuk mengurai kembali bubuknya sehingga menjadi ringan dan mudah beremulsi dengan bahan lainnya.Demikian juga jika dipakai sebagai taburan kue, ayak agar bubuk bisa merata menutupi permukaan cake.

Di pasaran juga dijual icing sugar atau gula bubuk khusus untuk lapisan donat. Bentuknya bubuk, sedikit lebih besar dan rasanya selain manis juga dingin di lidah. Gula bubuk ini tidak mudah meleleh jika terkena udara.

Sebaiknya beli gula bubuk dalam jumlah secukupnya agar selalu mendapatkan gula bubuk yang berkualitas baik. Karena jika terlalu lama disimpan gula bubuk mudah bergumpal atau keras. Jika ingin gula bubuk murni, giling sendiri gula pasir lalu ayak hingga halus.

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com