Membuat Kaldu Ikan yang Enak

- detikFood Senin, 05 Jan 2015 09:59 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Dibandingkan dengan kaldu ayam dan daging sapi, kaldu ikan lebih mudah dibuat. Bisa dipakai sebagai kuah sup atau penambah rasa tumisan. Bagaimana membuat kaldu ikan yang enak?

Tulang, kulit dan kepala ikan bisa dimanfaatkan untuk bahan kaldu. Cuci bersih tulang, kulit dan kepala ikan hingga taka d alagi bekas darah, lalu tiriskan. Jika kepala dan tulang terlalu besar, bisa dipotong-potong dulu.

Panaskan sedikit minyak dalam wajan, masak tulang, kulit dan kepala ikan hingga berubah warna dan agak kering. Jika mau, bisa juga dipanggang dalam oven panas sebentar.

Masukkan tulang, kulit dan kepala ikan dalam panci. Kemudian tuangi air secukupnya. Didihkan dengan api kecil. Agar rasanya enak, tambahkan seruas jari jahe yang dimemarkan, bawang utih yang dimemarkan, daun bawang, merica yang dimemarkan dan daun peterseli.

Masak dengan api kecil hingga kuahnya menyusut 25%. Matikan api, saring kaldu ikan dan dinginkan. Jika akan disimpan, taruh dalam beberapa kantong plastik, ikat kuat lalu simpan dalam freezer hingga beku.

Kaldu ini bisa langsung dilumerkan jika akan dipakai. Tambahkan garam dan bumbu lainnya sesuai resep.

(odi/odi)