Bagaimana Mencegah Nasi Berkerak di Dalam Rice Cooker?

- detikFood Rabu, 02 Jul 2014 15:45 WIB
Foto:www.gourmet.com
Jakarta - Rice cooker merupakan cara modern menanak nasi dengan panas listrik. Namun, seringkali nasi berkerak dan permukaannya kering. Bagaimana mengatasinya?

Rice cooker sebagai penanak nasi elektronik bisa mematangkan nasi mirip dengan cara manual. Umumnya dilengkapi dengan fasilitas penghangat berupa pemanas dengan suhu rendah untuk menjaga nasi tetap hangat.

Namu, jika dibiarkan lebih dari 10 jam umumnya nasi jadi kering permukaannya, agak kecokelatan atau sedikit lembap dan juga berkerak. Ini karena dalam wadah rice cooker tidak ada ventilasi udara yang bisa menjaga nasi tetap sama kualitas seperti saat matang.

Karena itu saat nasi baru saja matang, aduk-aduk nasi agar uap air dan air yang ada di sela-sela nasi bisa tersebar merata. Jika nasi yang ditanak berbumbu seperti nasi gurih atau nasi kuning, aduklah beberapa kali dengan jeda agar bumbu tidak berkerak di dasar panci.

Agar nasi tidak kecokelatan dan jadi lembek sebaiknya jangan menyimpan nasi dalam rice cooker lebih dari 6 jam. Takar beras secukupnya untuk sekali santap agar selalu mendapatkan nasi pulen dan hangat.

(odi/odi)