Terasi, Sebaiknya Dikukus, Dibakar atau Ditumis?

- detikFood Kamis, 10 Apr 2014 15:53 WIB
Foto:commons.wikimedia.org
Jakarta - Terasi merupakan bumbu penting untuk membuat sambal jadi sedap. Agar aromanya wangi dan rasanya enak, bagaimana cara terbaik mematangkan terasi ini?

Terasi merupakan produk fermentasi dari udang dan ikan kecil dan garam yang dipadatkan dan dikeringkan. Biasanya dibuat bentuk kubus, segi empat panjang atau lempengan bundar.Warnanya ada yang ungu kemerahan hingga kecokelatan dengan aroma seafood yang tajam dna kuat.

Sebelum dipakai atau dicampur dengan bumbu lain, terasi harus dimatangkan dulu. Bisa dikukus, dipanggang, dibakar atau ditumis. Umumnya teksturnya jadi lunak dan aromanya jadi lebih kuat. Semua cara mematangkan bisa dipakai. Hanya saja cara dibakar di atas bara api paling baik.

Karena aroma terasi menjadi lebih wangi. Sebaiknya jangan mematangkan terasi dalam jumlah banyak sekaligus karena jika terlalu lama disimpan aromanya akn berkurang.

Potong terasi secukupnya dan matangkan saat akan dipakai. Jika ada bersisa, simpan dalam wadah bertutup rapat agar aroma tajamnya tidak menyebar. Karena umumnya terasi sudah memakai banyak garam, jangan menambahkan garam lagi.

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com